Pemdes Sidoharjo Selesai Merealisasikan APBDes Tahun 2020, Untuk Pembangunan, Pemberdayaan masyarakat dan Penanganan Covid 19

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Pemerintah Desa (Pemdes) Sidoharjo kecamatan waypanji kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel ) Provinsi Lampung.
telah merealisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020, Di masa pandemi, untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan Rabat beton dan pembangunan gedung olahraga pemberdayaan dan Penangulangan covid 19 serta pembagian Bantuan langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Kamis(04/02/2020).

Ketika di temui Di ruangan kerjanya Marjana selaku Kepala Desa Sidoharjo di Dampingi sekertaris Desa, Dia menerangkan menerangkan Untuk Realisasi Dana Desa ( DD ) APBDes tahun 2020 di gunakan untuk Pembangunan infrastruktur seperti jalan Rabat beton dan Pembangunan gedung posyandu, Pemberdayaan masyarakat masyarakat Pencegahan Covid 19.

Bidang pembangunan infrastruktur yaitu
Pertama pembangunan jalan Rabat beton terletak di Dusun 10, pembangunan gorong gorong di Dusun 10, pembangunan gedung olahraga di dusun 012 RT 001 dan pembangunan Rabat beton lagi di dusun 10 RT 002.
Di anggaran perubahan ada pembangunan plat beton.

” Untuk kegiatan pembangunan Infrastruktur Alhamdulilah kami bisa membangun jalan Rabat beton dan Pembangunan gedung olahraga, 1 unit gorong gorong,” ujar Marjana.

Masih kata Marjana Dia memaparkan untuk kegiatan Penangulangan covid 19 di tahun 2020, Pemdes Sidoharjo membentuk dan membuat surat keputusan satgas covid-19 sebanyak 80 Anggota.

Dengan kegiatan membuatan posko seterilisasi, pembagian masker, penyemprotan Disinfektan di seluruh rumah warga, di lakukan secara berkala setiap hari Jumat. Pembelian alat pendeteksi suhu tubuh, pembuatan tempat cuci tangan di tempat umum seperti balai desa, pasar.

” Setelah saya bentuk satgas covid 19 mereka mengadakan kegiatan, Setiap siang dan malam mereka bergantian untuk berjaga di posko kalau ada masyarakat yang keluar masuk desa, hingga sampai di nyatakan New Normal oleh ketua satgas kabupan Lampung Selatan,” ujarnya.

Masih Kata Marjana di kegiatan Pembinaan karang taruna (Pemuda red) untuk kegiatan turnamen Bulutangkis , karang taruna telah memberikan PAD sebesar Rp 750.000 , karena sarana gedung olahraga di serahkan kepada pemuda dalam pengolaan nya.

“Untuk kegiatan kepemudaan waktu itu mengadakan kegiatan turnamen, mereka sudah memberikan PAD,” Ujar Marjana

Selain itu untuk Perguliran operasional , Kader posyandu, Lansia, Linmas, LPM, TPK, Guru ngaji.

Untuk PKK penambahan kegiatan pengadaan makanan pada saat pelaksanaan kegiatan posyandu.

” Kalau insentif kelembagaan yang ada di Desa semuanya kami salurkan insentif nya, karena itu wajib,” Kata Marjana lagi.

Selanjutnya Marjana menambahkan memaparkan lagi Di awal calon penerima di usulkan ke Dinas sebanyak 87 KPM namun terealisasi pada bulan April sampai dengan Juni sebanyak 53 KPM, pencairan ke dua dari bulan Juli sampai dengan Desember berkurang menjadi 46 KPM, karena ada yang sudah mendapatkan perluasan BPNT dan PKH.

Untuk Pembagian BLT DD, sebanyak 53 KPM, dari April sampai juni mendapatkan Rp 600.000/ bulan,Sedangkan di bulan Juli sampai Desember berkurang menjadi 46 KPM masing-masing mendapatkan Rp 300.000/ bulan,” yang 7 KPM sudah mendapatkan kuota perluasan BPNT dan PKH,” Ujar Marjana.

Marjana Menghimbau kepada masyarakat Sidoharjo khususnya supaya masyarakat benar benar patuh akan anjuran pemerintah kabupaten Lamsel tetap patuhi protokol kesehatan dengan 3M mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

Dia juga berharap dengan situasi lampung selatan zona merah di Pandemi covid 19 ini ” saya harap masyarakat harus menimalisir atau memperkecil agar tidak masuknya virus covid19 ke wilayah khusunya desa kami Sidoharjo kecamatan Way panji aman dari wabah virus yang benar benar sadar Akan protokol kesehatan hindari kerumunan,” Tutupnya

Penulis : Samsul
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.