Pemerintah Desa Sidomakmur kecamatan Way Panji Selesai Merealisasikan APBDes Tahun 2020

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Pemerintah Desa (Pemdes) Sidomakmur kecamatan Way Panji kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung.
telah merealisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020, Di masa pandemi, untuk pembangunan fisik, pemberdayaan dan Penangulangan covid 19. Senin (01/02/2020).

Ketika di temui Di ruangan kerjanya David Riono selaku Kepala Desa Sidomakmur yang di Dampingi oleh Kasi pemerintahan, Kaur keuangan dan Operator Desa Dia menerangkan Untuk Realisasi Dana Desa (DD) APBDes tahun 2020 di gunakan untuk Pembangunan fisik seperti, Pemberdayaan masyarakat dan Pencegahan Covid 19.

Bidang pembangunan infrastruktur yaitu
Pertama pembangunan Rumah makam yang di peruntukkan untuk kebutuhan pemakaman seperti Pacul, lingis, belincong dan lain lain, selain itu pembuatan sumur, terletak di Dusun 002, RT 006

Kedua Pembangunan rehab gedung posyandu ada 4 unit, di Dusun 01 RT 03.
Posyandu di dusun 02 RT 06, posyandu Di Dusun 03 RT 08, dan posyandu di Dusun 03 RT 10

Ketiga pembangunan Tembok penahanan tanah ( TPT ) Di Dusun 01 Panjang 1150 Meter, tepatnya RT 01, RT 02, RT 03.
Pembangunan TPT di Dusun 02, tepatnya RT 08,09,10 panjang 523 Meter
Pembangunan TPT lagi di Dusun 03 tepatnya RT 04,05 dan RT 06. Panjang 1250 meter

” Untuk kegiatan pembangunan fisik Alhamdulilah kami bisa membangun rumah makam, Sumur, sekaligus tempat berwudu, Rehabilitasi gedung posyandu semua 4 unit, dan pembangunan TPT di semua RT,” ujar David

Lebih lanjut David memaparkan untuk kegiatan Penangulangan covid 19 di tahun 2020, Pemdes Sidomakmur pembentukan satgas covid-19 sebanyak 42 orang.

Dengan kegiatan membuatan posko seterilisasi, pembuatan bilik penyemprotan, pembagian masker, penyemprotan Disinfektan di seluruh rumah warga, pembelian Handzenitezer, alat pelindung diri (APD), alat pendeteksi suhu, pembelian Hansplyer (tenk semprot), pembuatan alat cuci tangan di tempat umum seperti balai desa, masjid dan sekolah, pembelian Blower dingin.

Satgasperorang,di beri penghargaan sebesar Rp 200.000/orang
Semusim, karena selama mereka menjalankan tugas hanya Rp 200 ribu uang lelah sukarelawan.

“Setelah merealisasikan Anggaran termin pertama munculah wabah covid 19, maka kami membuat RAPBDes perubahan, yang mana anggaran pembangunan kita alihkan ke penanganan covid, membentuk satgas ,” ujarnya

Masih Kata David untuk kegiatan Pemberdayaan di laksanakan di termin pertama seperti pelatihan aparatur desa dan siskudes di ikuti oleh 3 peserta yaitu Sekdes, kaur keuangan dan operator.

Pembinaan pemuda pengajian Rutin sebelum datang wabah covid, pembinaan kesenian tradisional dan pembelian alat Hadroh.

“Untuk pemberdayaan waktu itu pelatih aparatur desa dan siskudes, bersama kaur keuangan dan operator desa,” kata Tulus

Selain itu untuk Perguliran operasional PKK, Kader posyandu, Lansia, Linmas, LPM, TPK, Guru ngaji dan Karang taruna

” Kalau insentif kelembagaan yang ada di Desa semuanya kami salurkan insentif nya, karena itu wajib,” Kata David lagi

Setelah itu David memaparkan lagi Untuk Pembagian BLT Dana Desa, Desa Sidomakmur sebanyak 37 KPM, dari April sampai dengan Desember 2020.Terurai dari bulan April sampai bulan Juni setiap KPM mendapatkan Rp 600.000/ bulan.

Sedangkan di bulan Juli sampai dengan Desember 37 KPM masing-masing mendapatkan Rp 300.000/ bulan.
” Kalau untuk BLT DD kami salurkan dari bulan April sampai dengan Desember sebanyak 37 KPM,” Tutur David

David menghimbau kepada masyarakat di Pandemi Covid 19 ini, Pemdes Sidomakmur bersama pemerintah kabupaten Lampung Selatan Akan berupaya dengan pola 3 m ples 1 yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menhindari kerumunan.

kita selaku pemerintah desa saat ini memasang bener/ spanduk himbauaan di tempat tempat umum masjid, Mushola, sekolahan dan pemerintah desa sudah membuat surat edaran untuk tidak melakukan resepsi hajatan (Pesta red) karna status di zona merah untuk kabupaten Lampung Selatan.

Dia Berharap di musim Pandemi covid 19 ini masyrakat tidak terpengaruh informasi yang sipatnya tidak bertanggungjawab karna “terkadang masyarat saat ini mudah sekali terpengaruh informasi dari media sosial yang belum tentu kebenarannya. maka dari itu supaya tetap patuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, Agar tidak terpapar virus Corona, mudah-mudahan masyarakat saya tidak ada yang terpapar,” Pungkasnya

Penulis : Samsul
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.