Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XL/2 Puslatdiksarmil Kodiklatal Lattek Berganda di Puslatpur Purboyo

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Malang – Sebelum mengakhiri Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarit) sekaligus dalam rangka mengaplikasikan pelajaran teori yang didapat selama dikelas, siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmata PK) TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 2 yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Bintara (Seba) Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal, melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Berganda yang dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang, Selasa, (23/2/2021).

Dalam Lettek ini Pimpinan latihan dijabat Danpuslatdiksarmil, penasehat Latihan dijabat Wadan Pusklatdiksarmil, Direktur Latihan dijabat Danseba Puslatdiksarmil Letkol Marinir Setiyo Adi dan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Paopsjar Puslatdiksarmil. Selain melibatkan siswa sebagai peserta Lattek, kegiatan Lattek berganda yang dilanjutkan Jurit tangkas ini juga melibatkan seluruh instruktur dan pelatih dilingkungan Puslatdiksarmil.

Sebelum pelaksanaan Lattek diawali dengan apel kelengkapan sekaligus inspeksi guna mengecek kesiapan pelaksanaan latihan baik keperluan dan kelengkapan perorangan maupun kelengkapan penyelenggara latihan dalam hal ini lembaga pendidikkan Sekolah Bintara Puslatdiksarmil.

Adapun materi Lattek berganda yang dipraktekkan para siswa Dikmaba ini adalah menembak senjata pistol dan laras panjang SS-1, meluncur dari ketinggian, naik turun jaring meniti dan merayap tali, Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP), Jurit tangkas dan jurit malam. Selain problem tersebut diatas para siswa juga melaksanakan praktek lempar granat, perembesan, teknik tempur dasar, Pioner and Junle Survival, kompas siang dan malam dan dikhiri dengan Lintas Medan sejauh 35 KM.

Danseba Puslatdiksarmil Letkol Marinir Setiyo Adi menyampaikan bahwa tujuan dari Lattek Siswa Dikmaba ini adalah untuk membekali dan melatih siswa agar dapat, mampu dan memiliki kemampauan, ketahanan fisik, ketrampilan serta kecakapan menembak senjata ringan, latihan berganda, limed dan Sea and Jungle Survival.

Sedangkan sasaran lattek adalah Siswa mampu menembak senjata ringan laras panjang pada jarak 100 dan 200 meter, menembak pistol jarak 15 dan 25 meter serta memahami dan mengetahui prosedur mengatasi gangguan pada sentjata ringan laras panjang dan pistol. Selain itu dalam lattek berganda, limed, Sea and Jungle Survival para siswa agar memiliki daya tahan fisik, rasa percaya diri dan keberanian dalam melaksanakan tugas –tugas prajurit di lapangan dan memilki kemampuan dan pengetahuan bertahan hidup dilaut dan dihutan.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE