dr Martini Oroh M.Kes Pentingnya Vaksinasi SARS-CoV-2

Spread the love

Jurnalline.com, Kawangkoan, (Minahasa) – Kepala Puskesmas Uner Kawangkoan dr Martini Oroh menyampaikan bahwa
Tujuan Vaksinasi SARS-CoV-2,
adalah sebagai upaya pemberian kekebalan tubuh bagi penerima vaksin hal ini dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona dengan begitu, risiko untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

Dikatakan Kepala Puskesmas uner Kawangkoan dr Martini Oroh M.Kes pada kegiatan Sosialisasi Vaksinasi Senin (01/03/2021) Dihadiri Camat Kawangkoan utara, Fabian Mendur Spt MM
Kapolsek Kawangkoan IPTU Antonius Tumbelaka,
Danramil Tompaso Kawangkoan Nofry Lontoh diikuti para Lurah, ASN dan jajaran.

“Beberapa point penting Vaksinasi atau Imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkonfirmasi Covid – 19 (virus atau bakteri).” Jelas dr Oroh

Menurut dr Martini Oroh MKed
Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika kita mau divaksin COVID-19, di antaranya menurunkan angka terkonfirmasi akibat COVID-19.

“Kalaupun seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksinasi akan bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi.”

Mendorong terbentuknya herd immunity,
Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang rentan dan sangat berisiko, seperti lansia di atas 69 tahun. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil.

“Vaksinasi COVID-19 juga akan mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.”

Ditambahkan untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakat, meminimalkan dampak ekonomi dan sosial manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.” Kunci dr Oroh

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.