KRI SIM-367 Beserta Satgas Maritim TNI Konga XXVIII/M UNIFIL Singgah Di Oman

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II, Surabaya – Setelah melaksanakan perjalanan selama 5 hari dari pelabuhan Colombo – Sri Lanka, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Abdul Haris beserta Satgas Maritim TNI Konga XXVIII/M UNIFIL singgah dan sandar di pelabuhan Salalah-Oman. Rabu (17/03).

Salalah merupakan pelabuhan ketiga setelah Colombo yang disinggahi KRI SIM-367. Sebelum merapat di Salalah KRI SIM-367 melaksanakan beberapa serial latihan bersama dengan kapal perang negara lain di Perairan Colombo diantaranya melaksanakan Rangkaian Latihan Passing Exercise bersama Indian Navy INS Calpeini T-75 dan Maritime Patrol Aircraft (MPA) Dornier 228. Pada kesempatan yang sama KRI SIM-367 juga melaksanakan latihan Passing Exercise dengan RNOV KHASSAB Z23 dengan serial Comm Check, Miscex dan Navcomex di perairan Oman.

Letkol Abdul Haris selaku Komandan KRI SIM-367 sekaligus Komandan Satgas MTF XXVIII-M mengatakan, “ Dengan dilaksanakannya serial latihan-latihan dengan kapal perang negara lain diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme para prajurit serta dapat menjalin hubungan diplomasi yang baik dengan negara lain. Hal ini juga selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono bidang penyelarasan doktrin, Ops-Lat dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini, “ ungkapnya.

“ Sebagai kapal TNI AL yang mengemban misi Maritime Task Force (MTF) UNIFIL, tidak henti-hentinya menghimbau kepada seluruh prajurit untuk selalu menjaga keamanan, protokol kesehatan serta kewaspadaan selama pelayaran berlangsung sesuai perintah Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, “ lanjut Letkol Abdul Haris.

Setibanya di pelabuhan Salalah, KRI SIM-367 disambut hangat oleh Dubes LBPP RI Kesultanan Oman, Bapak H.E. Mohamad Irzan Djohan berserta Ibu, Athan Udara RI Arab Saudi Kolonel Sus Hendra Gunawan, S.Sos serta para Staf KBRI Oman dengan melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat guna mencegah terpapar Covid-19.

Komandan Satgas Letkol Laut (P) Abdul Haris, mengucapkan terimakasih dan bangga karena KRI SIM-367 disambut hangat oleh Bapak Dubes, Athan Udara RI Arab Saudi beserta Staf KBRI di Oman.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.