KRI Sultan Hasanuddin-366 Latihan Manuver Dengan Kapal Perang Unsur MTF Unifil

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II. Surabaya – KRI Sultan Hasanuddin-366 dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II, sebagai salah satu unsur yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL tahun 2019, kembali melaksanakan latihan manuver taktis atau _Miscellenous Exercise (Miscex) 831 Advanced Maneuvering Exercise_ dengan unsur-unsur MTF UNIFIL dari negara lain di Area of Maritime Operation (AMO), perairan Mediterania, Lebanon, Jumat(19/3).

Komandan KRI sekaligus Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL tahun 2019, Letkol Laut (P) Ludfy S.T., MMDS, menuturkan pada serial latihan kali ini KRI Sultan Hasanuddin -366 bertindak sebagai penanggung jawab pelatihan atau_Officer Conducting Exercise _(OCE). ” Latihan ini bertujuan untuk melatih prajurit khususnya tim anjungan dalam memecahkan persoalan manuver kapal, formasi serta menghitung halu dan waktu dalam menempati posisi, ” tuturnya disela latihan.

Ludfy juga mengatakan jika latihan diikuti 5 unsur MTF UNIFIL, yang terdiri dari KRI Sultan Hasanuddin -366, kapal perang Jerman FGS Magdeburg F 261, kapal perang Turki TCG Yildirim F 243, kapal perang Yunani HS Navarinon F 461, serta kapal perang Bangladesh BNS Sangram F 113.

“Kelimanya membentuk beberapa formasi antara lain formasi _Line Abreast_, formasi _Echo_, formasi _Delta_ dan formasi _Foxtrot_ yang diatur oleh FGS Magdeburg F 261 selaku penanggung jawab serial latihan/_Officer Conducting Serial_ (OCS). Latihan ini juga dalam rangka farewell dengan kapal perang Turki TCG Yildirim F 243, yang telah selesai melaksanakan tugasnya sebagai salah satu unsur MTF UNIFIL, ” imbuh Ludfy.

Diakhir latihan yang memakan waktu sekitar 3 jam tesebut, seluruh kapal unsur-unsur MTF UNIFIL memberikan salam penghormatan dengan saling menyemprotkan air dari pompa hydrant.

Pada bagian lain Ludfy menambahkan jika latihan bersama Unsur MTF Unifil ini merupakan salah satu implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, khususnya di bidang Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi serta mempunyai interoperabilitas tinggi.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.