Siswa Dikmaba PK TNI AL Angkatan XL/1 TA 2021 Puslatdiksarmil Kodiklatal Lattek Berlayar di KRI dr. Suharso -990

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Surabaya – Sebanyak 705 Siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK) TNI Angkatan Laut Angkatan XL/1 TA 2021 yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Pulatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Berlayar dengan menggunakan KRI dr. Suharso-990 yang merupakan Unsur Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II Surabaya, Rabu,(31/3/2021).

Lattek berlayar yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut di lepas langsung Komandan Puslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo yang juga dihadiri para pejabat Utama Puslatdiksarmil.

Selesai pelepasan Danpuslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo menyampaikan selain diikuti 705 Siswa Dikmaba PK TNI Angkatan Laut Angkatan XL/1 TA 2021 juga melibatkan 21 orang Satuan Tugas (Satgas) Lattek yang terdiri Perwira Pengawas Latihan (Pawaslat) 2 orang, Pembimbing Siswa (Bingsis) 17 orang dan tim Kesehatan 2 orang. Adapun Route yang akan dilalui selama Lattek berlayar tersebut adalah Surabaya, Semarang dan kembali ke Surabaya.

Danpuslatdiksarmil juga menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Lattek berlayar ini adalah memberikan pengetahuan yang bersifat pengenalan kepada siswa tentang tugas-tugas dikapal antara lain dinas jaga laut pada saat kapal berlayar, jaga anjungan, jaga komunikasi, jaga masak, jaga mesin, jaga pantri dan jaga pengawas atau caraka.

Selain itu Lattek ini bertujuan untuk pengenalan berbagai peran di kapal diantaranya peran operatif, peran administratif dan peran darurat lainnya. Tujuan lainnya adalah memberikan pengetahuan tentang peraturan Dinas Dalam (PDD) KRI, meliputi penaikan dan penurunan bendera, apel pagi, apel siang, apel divisi jaga, parade anjungan ronda malam dan ronda rakit.

Pamen melati tiga dipundak ini berharap agar para siswa mengikuti lattek berlayar ini dengan sungguh-sungguh, semangat yang tinggi dan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan dan tetap mengutamakan keselamatan dengan mematuhi protokol COVID-19 dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan jaga jarak aman, serta mengatur aktivitas dengan waktu istirahat.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.