Guspurla Koarmada III Gladi Tugas Tempur di Laut Halmahera

Spread the love

Jurnalline.com, Halmahera – Gugus Tempur Laut Komando Armada (Guspurla Koarmada) III menggelar latihan Gladi Tugas Tempur tingkat III di Pangkalan Sorong, Selat Sagewin, dan Laut Halmahera, Minggu (11/4/2021) dengan melibatkan KRI Malahayati-362, KRI Tatihu-853, Pasukan Katak, dan heli bell HU-4207.

Komandan Guspurla Koarmada III, Laksma TNI Rudhi Aviantara, I.H., S.E., M.Si., M.Tr.(Han)., selaku Perwira Pelaksana Latihan mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk melatih kapal-kapal di laut agar mampu melaksanakan kegiatan tempur sesuai fungsi asasinya.

Gladi Tugas Tempur tingkat III yang digelar Guspurla Koarmada III diharapkan dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan peperangan dan pertahanan kapal dalam formasi tugas tempur di laut yang meliputi peperangan anti kapal permukaan, anti serangan udara, manuver taktis, SAR, dan berbagai kemampuan lainnya, ujarnya.

Latihan diawali Evakuasi Medis Udara HU-4207 dari KRI Malahayati-362, kemudian Replenishment At Sea (RAS) antara KRI Malahayati-362 dengan KRI Tatihi-853, dan serial penembakan yang dilaksanakan kedua KRI tersebut. Pada manuvra taktis latihan tersebut juga terdapat serial latihan pemeriksaan di laut.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.