KRI Bimasuci Sambut Kapal Latih Spanyol Dengan Tradisi Parade Roll

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II, Surabaya – Kedatangan Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol, Juan Sebastian Elcano di Laut Jawa, diwarnai dengan Parade Roll dan Display Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dimainkan oleh 123 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dari atas Geladak KRI Bima Suci . Selasa (06/04).

Sebelumnya KRI Bima Suci yang di komandani oleh Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla melakukan identifikasi kontak apakah benar kapal tersebut adalah kapal latih sepanyol dan setelah teridentifikasi KRI Bima Suci melaksanakan Shadowing sampai dititik yang telah ditentukan.

Dengan sigap para Taruna menaiki dan menempati posisi masing-masing di tiang-tiang KRI Bima Suci untuk melaksanakan peran parade roll dan penghormatan ke Kapal AL Spanyol diiringi Display GS Gita Jala Taruna di atas geladak KRI Bima Suci dan kedua kapal saling memberikan penghormatan lambung kanan dan lambung kiri dilanjutkan Peran Layar.

Disela kegiatan Komandan KRI Bima Suci mengatakan, “ KRI Bima Suci melaksanakan passing exercise sampai ketitik yang ditentukan, selanjutnya Kapal Latih AL Spanyol meninggalkan KRI Bima Suci menuju Jakarta sedangkan KRI Bima Suci yang membawa Taruna AAL kembali menuju kepangkalan Surabaya, “ ungkapnya.

“ Penyambutan Kapal Latih AL Spanyol ini, sebagai wujud diplomasi antar kedua negara, juga sebagai pengenalan bagi Taruna AAL tentang tradisi Angkatan Laut di dunia, khususnya bagi Taruna TK II yang sebentar lagi akan melaksanakan KJK 2021, “ lanjutnya.

Letkol Waluyo berharap, dengan kegiatan ini para Taruna Tingkat ll yang dalam waktu dekat ini akan mengikuti praktek pelayaran Kartika Jala Krida (KJK), sudah mempunyai gambaran bagaimana tata cara dan tradisi penyambutan kapal asing atau tamu kenegaraan seperti ini.

Ditempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan berharap dengan penyambutan ini hubungan baik antara TNI AL dan Aangkatan Laut Spanyol akan semakin meningkat dan kunjungan ini berjalan dengan baik.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.