Latopslagab 2021, Memasuki Tahap Tactical Floor Game

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II, Surabaya – Memasuki tahap Tactical Floor Game (TFG), berbagai miniature unsur KRI jajaran Koarmada II yang akan terlibat dalam Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) Tahun 2021 disusun sesuai skenario latihan di laut yang dilaksanakan di Puslatkaprang Kolat Koarmada II Surabaya, pada Kamis (01/04).

TFG yang dipimpin oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Raharjo merupakan tahap menyamakan persepsi, cara bertindak serta tugas dan peran masing-masing.

Pelaksanaan TFG ini digelar agar semua pelaku latihan paham dan mengerti akan tugas masing-masing, sesuai rencana operasi yang telah disusun. Sehingga dalam pelaksanaan latihan, tidak ada lagi keragu-raguan ataupun kesalahan prosedur terhadap tugas masing-masing.

“ Sebelum digelar pelaksanaan TFG, para peserta Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) Tahun 2021, telah melaksanakan uji Konsep Umum Operasi (KUO) terlebih dahulu sebagai bentuk panduan dalam penyusunan RO dalam latihan,” ungkap Laksma Rahmat-sapaan karib Komandan Guspurla Koarmada II.

Laksma Rahmat menambahkan, “ Pelaksanaan latihan ini, bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit TNI AL dalam rangka mendukung tugas pokok TNI, sebagai upaya menguji kesiapan prajurit dalam merespon setiap ancaman yang akan terjadi, juga melaksanakan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono bidang Penyelarasan doktrin, Ops-Lat dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini serta Peningkatan kemampuan di bidang Komando, Kendali, Komunikasi, Komputer, Intelijen, Pengamatan dan Pengintaian (K4IPP) dan siber TNI AL, “ tutupnya.

Selama pelaksanaan kegiatan tahap TFG tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.