Pangkoarmada III Tinjau Karya Bakti Prajurit TNI AL di Pulau Soop

Spread the love

Jurnalline.com, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., beserta Ketua Daerah Jalasenastri Ny. Dadi Hartanto meninjau karya bakti prajurit TNI Angkatan Laut di Pulau Soop, Sorong, Papua Barat, Selasa (6/4/2021). Karya bakti TNI AL di Kampung Bahari Nusantara ini dimulai sejak tanggal 16 Maret 2021 selama satu bulan.

Selama peninjauan, Pangkoarmada III didampingi Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Aspotmar Pangkoarmada III Kolonel Marinir Budiarso, S.E., beberapa pejabat utama Koarmada III dan Lantamal XIV yang terkait serta Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III. Selain itu juga hadir Kepala Kelurahan Pulau Soop Saban Ronsumbre, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Peninjauan diawali di Pantai Pulau Soop kemudian ke Rumah Pintar TNI AL. Selanjutnya Pangkoarmada III meninjau fasilitas umum yang telah direnovasi seperti bangunan Masjid dan bangunan Gereja, jalan raya kurang lebih satu km, dan logistik wilayah. Selama peninjauan, Pangkoarmada III mengharapkan agar beberapa fasilitas umum lainnya juga diperbaiki, antara lain sumur umum dan tandon airnya untuk warga.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud sinergitas, kepedulian dan peran serta TNI dalam mendukung pelaksanaan program percepatan pembangunan daerah serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau transportasi apapun.

Pulau Soop terletak di utara Selat Sele dan di lepas pantai barat laut Semenanjung Kepala Burung, terletak pada jarak sekitar empat kilometer (2,5 mil) barat Kota Sorong di daratan, 2,5 kilometer (1,6 mil) barat pulau Doom , 3 kilometer (1,9 mil) barat laut dari Pulau Nana (tidak berpenghuni), enam kilometer (3,7 mil) timur laut Pulau Jefman, dan lima kilometer (3,1 mil) selatan Pulau Raam. Soop memiliki panjang 3,3 kilometer (2,1 mil) dan lebar hingga 1,3 kilometer (0,81 mil), dengan luas 2,67 kilometer persegi (1,03 mil persegi).

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.