Prajurit KRI Nanggala-402 Pangkatnya Dinaikan dan Dianugerahi Tanda Kehormatan RI

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur dalam tugas di utara Perairan Bali pangkatnya dinaikan satu tingkat lebih tinggi dan dianugerahi Tanda Kehormatan RI Bintang Jalasena Nararya dalam sebuah Upacara Militer dipimpin Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto di Hanggar 2 Bandara Juanda, Sidoarjo (Kamis, 29/4).

Acara penganugerahan pemberian tanda kehormatan dan kenaikan pangkat ini dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M serta para perwira tinggi dan para pejabat TNI-Polri.

Penganugerahan tanda kehormatan dan kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Keppres RI No 26/TK/Tahun 2021 tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya, Keppres RI No 39/TNI/ Tahun 2021 tentang kenaikan pangkat luar biasa operasi selain perang anumerta, Kepmenhan RI No 466/IV/2021 tentang pemberian kenaikan pangkat anumerta dan Kep Panglima TNI Nomor Kep 341/IV/2021 tentang penetapan kenaikan pangkat luar biasa operasi militer selain perang anumerta.

Dalam sambutannya Menhan mengatakan bangsa Indonesia tengah dilanda musibah yang mengejutkan semua pihak atas peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402. Gugurnya 53 awak kapal di medan latihan telah membawa duka yang sangat mendalam bagi keluarga Hiu Kencana, Keluarga Besar TNI Angkatan Laut, dan seluruh rakyat Indonesia.

“Untuk itu atas nama pemerintah Republik Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita atas gugurnya 53 prajurit terbaik TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas diperairan utara Pulau Bali”, ucap Menhan RI.

Lebih lanjut dikatakan Menhan RI Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa kru KRI Nanggala-402 telah menjaga kedaulatan negara dan bangsa di samudera Indonesia. Pengorbanan para prajurit tersebut tidak sia-sia dan para keluarga yang ditinggalkan patut merasa bangga atas pengorbanan yang besar tersebut. Menhan juga berharap agar semua keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, tegar menghadapi musibah ini dengan ikhlas.

Sementara itu Kasal pada kesempatan ini juga menuturkan tentang hak-hak sebagai Jalasenastri dan jaminan pendidikan putra-putri dari keluarga KRI Nanggala, tentunya pimpinan TNI AL akan memperhatikan kelangsungan masa depan anak-anak baik kehidupan dan pendidikannya.

Usai upacara pemberian tanda kehormatan Bintang Jalasena Nararya dan kenaikan pangkat kepada keluarga awak KRI Nanggala-402 dilanjutkan pemberian tali asih dari Kasal, Asabri dan mitra, Bank Mandiri, Bank BRI, PT Sido Muncul dan PLN. Esok hari direncanakan akan dilaksanakan tabur bunga oleh Kasal dan keluarga ABK KRI Nanggala-402 di perairan Selat Bali tempat terjadinya musibah.

Editor : Fram
Sumber : berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.