Pertama Kalinya Satdik-2 Kodiklatal Makassar Mendidik Prajurit TNI AL Wilayah Sulawesi

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Makassar – Untuk pertama kalinya Satuan Pendidikan 2 (Satdik-2) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang berlokasi di Makassar mendidik prajurit – prajurit TNI AL wilayah Sulawesi. Adapun pembukaan pendidikan tersebut dipimpin langsung Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Mayor Jenderal TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP, mewakili Dankodiklatal, Sabtu (1/5/2021).

Pembukaan pendidikan yang dilaksanakan di dermaga Layang Makassar tersebut diikuti 250 orang terdiri dari 100 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan 150 siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata). Dari 100 orang Dikmaba terdiri 90 orang pria dan 10 orang adalah Wanita.

Pelaksanaan program pendidikan ini merupakan momentum untuk mencari pemuda-pemudi berprestasi dari putra daerah Sulawesi yang nantinya diproyeksikan untuk mengawaki kapal perang KRI , Pangkalan TNI AL (Lanal) dan Pos TNI AL (Posal) terdepan.

Selesai pembukaan Wadan Kodiklatal Mayor Jenderal TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP mengatakan perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun dalam negeri yang begitu dinamis menimbulkan potensi ancaman lewat laut serta pelanggaran wilayah.

Oleh karena itu, pengembangan organisasi TNI AL dengan gelar kekuatannya sangat tepat untuk setiap saat melaksanakan tugas pengamanan dan penegakan hukum di perairan wilayah perbatasan Indonesia.

Menurutnya saat ini dalam pemenuhan DSP TNI AL sangat membutuhkan pemenuhan personel yang professional yang mampu mengawaki alutsista dan mempunyai jiwa kejuangan yang tinggi.

Calon prajurit TNI AL yang berasal dari pulau Sulawesi ini akan dididik oleh Satdik-2 Makassar selama 6 bulan yang terbagi dalam 3 tahap yaitu pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, pendidikan dasar golongan selama 1 bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama 2 bulan.

Hadir dalam pembukaan Dikmaba dan Dikmata tersebut, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, Direktur Umum (Dirum) Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, Pangkosekhanudnas II Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ian Fuady, Kaskoops AU II Marsma TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Danet Hendriyanto, Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Andi Kaharuddin S.I.P,M.M, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, S.E., Walikota Makassar, Dansatdik-2 Makassar, para pejabat utama jajaran Mako Lantamal VI Makassar, para Danlanal jajaran Lantamal VI, Wakil Bupati Takalar , sejumlah pejabat Forkopimda Sulawesi Selatan serta Forkopimda Kota Makassar dan Kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan

Editor : Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.