Pangdivif 1 Kostrad Pimpin Pengesahan Resimen Armed 2/Sthira Yudha/1 Kostrad Menjadi Resimen Armed 1/Sthira Yudha/1 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Divisi Infanteri (Pangdiv) 1 Kostrad, Mayjen TNI Dedy Kusmayadi memimpin pengesahan Resimen Armed 2/Sthira Yudha/1 Kostrad menjadi Resimen Armed 1/Sthira Yudha/1 Kostrad bertempat di Markas Resimen Armed 1/Sthira Yudha/1 Kostrad, yang berada di Jalan Raya Sadang-Subang, Purwakarta. Kamis (10/06/2021).

Kegiatan pengesahan Resimen Armed 1/Sthira Yudha/1 Kostrad ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan dihadiri Forkopimda Kabupaten Purwakarta.

Cikal bakal resimen ini adalah pembentukan Brigade Artileri 2 pada tanggal 29 Januari 1964 yang diresmikan oleh Pangkostrad saat itu, Mayor Jenderal TNI Soeharto.

Tujuan pembentukan Brigade Artileri 2 adalah untuk menunjang pelaksanaan tugas cadangan umum Angkatan Darat (Kostrad).

Pada Kamis 10 Mei 2021 ini mendapat pengesahan nama menjadi Resimen Artileri Medan 1/Sthira Yudha/1 Kostrad berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/218/IV/2021 tanggal 28 April 2021.

Pangdiv 1 Kostrad, Mayjen TNI Dedy Kusmayadi mengatakan bahwa pengesahan Satuan Resimen Armed 2/Sthira Yudha/1 Kostrad menjadi Resimen Armed 1/Sthira Yudha/1 Kostrad dilaksanakan sebagai bagian dari upaya penataan organisasi TNI AD dalam kerangka pembangunan kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force (MEF).

“Jadi perubahan nama ini hanya administrasi saja. Berdasarkan sejarah resimen Armed 1 itu adanya di Divisi 2 Kostrad yang memang itu pertama dibentuk. Setelah itu begitu Divisi 1 ini juga melengkapi satuan jajarannya barulah dibentuk di sini Resimen Armed 2 karena yang di sana sudah diberikan nomor 1, makanya di sini nomor 2,” ungkap Mayjen TNI Dedy di Markas Resimen Armed 1/Sthira Yudha/1 Kostrad, pada Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, perubahan nama ini harus di sampaikan kepada satuan-satuan baik di lingkungan Angkatan Darat, maupun instansi-instansi yang ada di sekitar Resimen Armed 1/Sthira Yudha/1 Kostrad ini, supaya proses admistrasi ataupun surat menyurat tidak ada kekeliruan.

Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.