Dankodiklatal Tinjau Kegiatan Siswa di Puslatdiksarmil

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal – Dalam rangka melihat secara langsung kegiatan siswa, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat melaksanakan kunjungan ke Pusat Latihan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Kamis (15/07).

Kedatangan Dankodiklatal di Kawah Candradimuka prajurit matra laut tersebut diterima langsung Komandan Pusladiksarmil Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, Wadan Puslatdiksarmil, para Kadep, Danseba serta Kepala BP Puslatdiksarmil.

Pada kesempatan itu, Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat memberikan pengarahan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan ke-52 di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil.

Di hadapan ratusan calon bintara TNI AL tersebut, Dankodiklatal menyampaikan bahwa Puslatdiksarmil adalah tempat pendidikan dasar militer yang mengubah karakter dari masyarakat sipil menjadi militer TNI AL untuk prajurit Pendidikan Pertama (Dikma), sedangkan untuk pendidikan Reguler (Diktuk) merubah karakter dari prajurit strata sebelumnya menjadi Bintara atau Perwira yang profesional menjiwai Saptamarga dan Sumpah Prajurit.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pendidikan tahap dasar keprajuritan ini, sangat membutuhkan fisik dan mental yang prima. Dankodiklatal percaya dengan syarat kelulusan pada tahap seleksi para siswa dapat mengikuti penggemblengan di kawah candradimuka Puslatdiksarmil dengan baik dan akan menjadi prajurit matra laut yang tanggap, tanggon dan trengginas.
“Laksanakan pendidikan ini dengan baik, penuh semangat, selalu gembira dan rasa ikhlas. Karena dengan rasa ikhlas walaupun berat akan terasa ringan. Selain itu senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi keselamatan dan kesehatan selama menempuh pendidikan di Kodiklatal,” ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, Dankodiklatal juga berkesempatan memberikan pembekalan kepada para Komandan Sekolah, para Kadep, instruktur, pelatih dan pembimbing siswa Pusladiksarmil. Dalam pembekalanya, Dankodiklatal menyampaikan agar dalam melaksanakan pembinaan terhadap siswa selalu mengikuti prosedur yang ditetapkan dan menjaga keselamatan personil dan mateial.

Kunjungan kerja di Puslatdiksarmil, diakhiri dengan peninjauan sarana dan prasarana pendidikan di Puslatdiksarmil dengan menggunakan sepeda.

Editor : Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.