Pos TNI AL Siau Membantu Evakuasi 5 Orang ABK KM. Nur Star yang Terdampar di Kepulauan Sitaro

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Siau berhasil mengevakuasi lima orang anak buah kapal (ABK) kapal nelayan KM. Nur Star yang hanyut dan hilang di Perairan Kepulauan Sitaro pada hari Kamis (29/7). KM. Nur Star mengalami kerusakan mesin saat mencari ikan di sekitar Pulau Lembeh sejak 27 Juli lalu.

Proses Search And Rescue (SAR) dilakukan berdasarkan perintah Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M.Tr., Hanla., dibantu Komandan Pos (Danpos) SAR Tahuna bersama masyarakat sekitar yang secara ketat berkoordinasi.

Berdasarkan koordinasi dengan Danpos SAR Tahuna dan Kepala Desa Buhise, pada 30 Juli 2021 pukul 02.00 WITA dini hari, Danpos Siau berhasil mengevakuasi dua orang ABK KM. Nur Star yang terdampar di daratan Kampung Buhise Kecamatan Siau Timur.

Selanjutnya pada pukul 03.00 WITA, Danpos Siau kembali mengamankan tiga ABK KM. Nurs Star yang terdampar di Kampung Lia Kecamatan Siau Timur dan sudah berada di rumah Kepala Desa.

Kelima orang ABK tersebut menyelamatkan diri dengan menaiki dua pakura kecil dan meninggalkan KM. Nur Star yang terus hanyut karena mesinya mati/rusak.

Kondisi kelima orang ABK tersebut dalam keadaan aman, namun perlu istirahat untuk menstabilkan kesehatannya. Saat ini kelima ABK tersebut sedang beristirahat di Posal Siau sambil menunggu proses pemulangannya.

Editor : Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE