Syamsul Anwar Siap Melanjutkan Memimpin Desa Bandar Agung” Menuju Lebih Baik Lagi”

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan — Selama Menjabat sebagai Kapala Desa Bandar agung Syamsul Anwar sudah banyak berbuat untuk masyarakat, dan Siap Melanjutkan program yang belum terlaksana, namun sudah dalam tahap terencana, baik akan di realisasikan mengunakan Anggaran Dana Desa (DD) maupun dari APBD, dan APBN Pusat.

Sosok Syamsul Anwar di mata sekdes Selama menjabat sebagai Kapala Desa Bandar agung, Menurut keterangan sekertaris Desa (sekdes) Asikin ketika di wawancarai wartawan media Jurnalline.com di ruang kerjanya, Senin (12/7/2021)

Banyak yang sudah di bangun di masa jabatannya, baik di sektor peberdayaan masyarakat, Pembangunan dan pelayanan dari tahun 2015 s/d 2021 seperti

Seperti di awal Tahun 2015, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Meliputi, Perkerasan Jalan rabat beton 1400 meter , Pembangunan gorong gorong 6 unit.

Pembinaan kemasyarakatan
Meliputi, pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat, pembinaan LPMD, pembinaan karang taruna.

Pemberdayaan masyarakat
Meliputi, pelatihan perangkat Desa peningkatan kesehatan lingkungan

Pembangunan Desa Tahun 2016 Meliputi, pembangunan Drainase 1300 m, dan pembangunan gedung paud harapan bunda.

Bidang Pembinaan kemasyarakatan
Meliputi,pembinaan ketertiban masyarakat, pengajian majlis taklim,administrasi kependudukan.

Pemberdayaan masyarakat
meliputi, pengembangan keolaragahan, pelatihan perangkat desa, kegiatan 10 program PKK, pelatihan LPM, pelatihan Bendara Desa, Pembinaan Posyandu, Paud, KB, Lansia, penyusunan profil Desa, pengembangan WEBSITE Desa.

Selanjutnya Pembangunan di Tahun 2017
Meliputi, peningkatan jalan dengan konstruksi vaping block sepanjang 2000m, Pembangunan Gedung TK pertiwi.

Pembinaan kemasyarakatan Meliputi pembinaan ketertiban kemasyarakatan, kegiatan pengajian, penyelangaran MTQ, Pembangunan olah-raga, pencegahan Narkoba /HIV/AID.

Pemberdayaan masyarakat meliputi, pelatihan perangkat desa, pelatihan BPD, program PKK, pelatihan LPM, jamban keluarga, Pembangunan Bumdes, pembinaan guru ngaji, pembinaan Linmas desa.

Seterusnya di Pembangunan Tahun 2018
Meliputi, pembangunan jalan cor beton, Pembangunan gedung wardes, Dan Pembangunan gorong gorong

pembinaan masyrakat, pembinaan administrasi penduduk, pembinaan Narkoba.

Bidang Pemberdayaan masyarakat
Meliputi, pelatihan perangkat desa, pelatihan BPD,10 program PKK, pelatihan LPM, stimulan jamban keluarga, pembinaan dan pelatihan posyandu, pelayanan KB, kesehatan ibu dan Anak, pelayanan Lansia , pelatihan karang taruna, santunan anak yatim, pelatihan kader pemberdayaan masyarakat, pelatihan siskudes.

Pembangunan Tahun 2019
Meliputi, pendidikan penyelangaran PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah non formal milik Desa.

Bidang kesehatan, meliputi, Polindes milik Desa, penyelangaran posyandu makan tambahan, lansia, intensif. Bina keluarga balita (BKB), penyelangaran rumah desa sehat.

Bidang perkerjaan umum atau tata ruang meliputi, Pembangunan rehabilitas, peningkatan, pengeras jalan lingkungan ,Pembangunan rehabitas, pengeras jalan Desa

Bidang kawasan pemukiman
meliputi, pemeliharaan fasilitas jamban umum, MCK.
Bidang pembangunan komunikasi dan informatika meliputi, penyelangaran informasi publikasi.desa
biasanya pariwisata .

pembinaan kemasyarakatan Meliputi, peningkatan kapasitas aparatur desa, penanggulangan bencana.

Selanjutnya Pembangunan Tahun 2020
Meliputi, Pembangunan gedung perpustakaan , Posyandu, Pembangunan drainase, Vaping block dan Rahat beton.

Bidang pembinaan kemasyarakatan Meliputi, ketentraman dan ketertiban, umum, kebudayaan keamanan, kelembagaan masyrakat.

Pemberdayaan masyarakat meliputi, peningkatan aparatur desa, penanggulangan bencana.

Selanjutnya Pembangunan Tahun 2021
Meliputi pembangunan gedung TPA, Drenase,vaping block, Rabat beton, Pembangunan jamban SD 02,bandar agung dan Pembangunan gorong gorong.

Bidang kemasyarakatan Meliputi, ketentraman dan ketertiban, umum, budidaya keamanan, kelembagaan masyrakat.

Bidang pemberdayaan masyarakat, meliputi, peningkatan kapasitas aparatur desa,
bidang penanggulangan bencana meliputi, penanggulangan bencana , keadaan mendesak.

Bantuan Hibah dari pusat seperti Pemberdayaan Bantuan pembinaan terhadap kelompok perikanan, seperti kincir, bibit udang, ada tiga kelompok.

Tahun 2020
Untuk penanganan virus Corona covid-19, pembagian Hanseniteza, masker, sabun, sosialisasi, dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri, penyemprotan disinfektan di tiap-tiap halaman, dan tempat umum, pembentukan kampung tangguh Nusantara (KTN ) pemdes tidak henti-hentinya mencegah dan memutus mata rantai covid 19.

Di tempat terpisah Ketika di konfirmasi Samsul Anwar selaku Mantan Kepala Desa Yang akan maju di kontestan Pilkades di 5 Agustus mendatang, Dia memaparkan bahwa program yang belum terlaksana di masa jabatannya sejak tahun 2015 sampai dengan 2021 ini masih banyak yang belum terealisasi, maka dari itu, jika amanah kelak di percayakan kembali oleh masyarakat dengan dirinya.

Maka Dia Komitmen untuk meningkatkan berbagai Sektor, yaitu Pelayanan, Kesehatan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, Keamanan dan pengembangan guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bandar agung.

Sektor membangun, akan membangun jalan dari lintas timur menuju dusun Kuala jaya, jalan jembatan gantung, jalan penghubung dari patung ke Desa Kuala sekampung, akan di perjuangkan melalui anggaran APBD.

Desa bandar agung, untuk mengatasi perihal banjir, yang rutin di alami Dusun Umbul besar dan Kuala jaya, maka harus ada benteng pembatas supaya air sungai tidak masuk ketika luapan Way sekampung datang ketika musim hujan.

“Kita akan upayakan untuk meminta bantuan ke Balai besar untuk melakukan normalisasi sungai, supaya aliran sungai lancar, mengalir ke laut,masalahnya ketika JPP masih aktif aliran sungai jarang sekali banjir,” Ungkap Samsul.

Dia juga akan membangun jalan lingkungan yaitu di dusun Kuala jaya, di Dusun Bunut selatan, Di Dusun Kuala jaya Yang masih belum di bangun yaitu Pembangunan posyandu dan TPA, akan di bangun melalui Dana Desa (DD), untuk kegiatan kesehatan dan pendidikan agama.

Sektor pemberdayaan masyarakat Desa, pembinaan kelompok petani budidaya ikan dan udang, akan kita adakan pelatihan pelatihan supaya para petani bisa berbudidaya dengan baik.
Nanti tahun 2022 akan ada program closter budidaya udang, membutuhkan 100 Hektar, bantuan dari pemerintah pusat, dari kementerian.

Di sektor keamanan akan kita galakan lagi kegiatan ronda malam, kita akan membangun pos keamanan Linmas, supaya kalau ada hal hal yang tidak di inginkan, pos tersebut ada petugas yang berjaga.

Sektor Pelayanan masyarakat, Dia sudah melakukan pelayanan dari pertama menjabat, sudah berjalan, meskipun di luar jam kerja tetap melayani masyarakat.
“Masalahnya kepentingan masyarakat terkadang mendesak, dan saya siap melayani masyarakat kapan saja, di mana saja, siapa saja, karena semua masyarakat saya yang berdomisili di Desa Bandar agung,” Paparnya

Lebih lanjut Dia mengatakan Tidak kalah penting nya, akan memperjuangkan pembangunan pemecah ombak gelombang,” karena sudah hampir 30 Hektar tanah yang sudah terkikis, akan kita ajukan ke Balai besar, bila perlu kita kawal sampai ke Kementerian kita lakukan,” Pungkasnya

Penulis : Rudi
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.