TNI AL Siap Bantu Suplai Oksigen Bagi Rumah Sakit

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II. Surabaya – TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II siap membantu Pemprov Jawa Timur, untuk pengadaan isi ulang oksigen bagi rumah sakit yang membutuhkan di masa pandemi Covid-19.

Terkait hal tersebut, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P., M.Tr.(Han) menyambut kunjungan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dalam rangka pengecekan pengisian tabung oksigen di KRI dr. Soeharso-990 di dermaga Madura Ujung Koarmada II pada Rabu (21/7)

Sebelum mengecek pengisian tabung oksigen, Komandan KRI SHS-990 Letkol Laut (P) Choirul Arif memberikan paparan tentang kemampuan, metode serta alur pengisian oksigen di kapal bantu rumah sakit tersebut.

Menurut Letkol Chorul generator oksigen KRI dr. SHS-990 selama 24 jam mampu mengisi 15 tabung oksigen dengan kapasitas 6.000 liter, dan 65 tabung berkapasitas lebih kecil 1.500 liter.

Nantinya tabung-tabung oksigen yang kosong akan diangkat menggunakan crane ke atas lambung kapal, untuk digeser ke ruang central oksigen. Setelah diisi ulang,tabung-tabung tersebut akan diturunkan kembali ke dermaga dengan crane.

Di KRI SHS-990 saat ini tabung oksigen yang sudah terisi dan siap pakai ada 29 tabung oksigen. Gubernur Jatim rencana akan memberikan tabung kosong sebanyak 100 tabung untuk diisikan ulang.

Sementara itu Pangkoarmada II mengungkapkan jika keikutsertaan TNI AL membantu pemprov mengatasi kelangkaan oksigen, adalah perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M. M.

“Tujuannya adalah untuk membantu mempermudah masyarakat mendapatkan isi ulang oksigen, terutama yang sedang menjalani isoman maupun ambulance dan rumah sakit yang membutuhkan tambahan oksigen. Sehingga harapannya jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 di Surabaya dan sekitarnya mengalami peningkatan,” jelas Laksda Iwan.

Ikut hadir dalam peninjauan tersebut Sekdaprov Jatim, Dirut RSUD Dr. Soetomo Surabaya, serta pejabat utama Koarmada II.

Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.