Bebas Covid- 19, Prajurit Strata Bintara Ikuti Diktukpakat TNI AL TA 2021

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Sidoarjo – Setelah dinyatakan bebas dari Covid 19, sebanyak 289 Prajurit TNI AL dari berbagai Kotama mengikuti Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL TA 2021 di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) yang berlokasi di Juanda Sidoarjo. Pembukaan Diktukpakat TNI AL TA 2021 tersebut dipimpin langsung Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Jumat, (6/8/2021).

Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat utama Kodiklatal diantaranya Inspektur Kodiklatal, Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik), para Direktur dan Komandan Kodik dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Komandan Puspenerbal, Danpasmar 2 dan Kadispsial.

Dari 289 prajurit strata bintara tinggi TNI AL yang mengikuti Diktukpakat tersebut terdiri Korps Pelaut, teknik, Elektronika, Suplai, Marinir, Kesehatan, Pomal dan Khusus. Para siswa Diktukpakat ini rencananya akan menempuh pendidikan selama tiga bulan, satu bulan menempuh pendidikan di Puslatdiksarmil sedangkan dua bulan di beberapa Pusdik sesuai Korps masing-masing.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa yang lolos dalam seleksi penerimaan calon siswa Diktukpakat. Dengan kesiapan yang baik dan prima terutama terkait kesehatan, kesamaptaan jasmani dan mental ideologi yang dimiliki, diharapkan menjadi bekal awal yang mumpuni untuk menempuh pendidikan ini dengan lancar.

Adapun pendidikan Diktukpakat ini bertujuan untuk mendidik, membekali dan membentuk para siswa agar mampu bersikap dan berperilaku sebagai prajurit pejuang Sapta Marga, yang memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang dasar keprajuritan dan dasar keperwiraan matra laut serta kesamaptaan jasmani sesuai standar binjas TNI dan TNI AL.

Dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal juga menyampaikan bahwa pendidikan Diktupakat ini untuk pertama kali diselenggarakan pada Tahun Anggaran 2021, Diktukpakat sebagai upaya pemimpin TNI AL untuk meningkatkan kualitas personel TNI AL dan pemenuhan Daftar Susunan Personel (DSP) pada strata perwira pertama yang signifikan sesuai pengembangan organisasi TNI AL.

“Saya berharap bahwa saudara mampu untuk menjadi prajurit terpilih yang siap dididik menjadi perwira pertama dengan pola pikir, pola sikap dan pola tindak seorang perwira TNI Angkatan Laut yang bermoral, profesional dan berani serta mampu mendukung terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia TNI AL yang unggul, profesional, dan modern, sehingga siap mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AL.” Jelas Dankodiklatal diakhir amanat.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.