Satgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6 Kostrad Menangkap Seorang Pelintas Batas Ilegal

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Satgas pamtas RI-RDTL Yonarmed 6 Kostrad menangkap seorang pelintas batas (pelibas) ilegal yang mengaku berkewarganegaraan Timor Leste oleh anggota Pos Auren Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 6 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto, S.A.P. Eban, Sabtu (29/07/2021).

Adanya laporan via telepon yang diterima anggota Pos Auren atas nama Praka Tamsir dari salah seorang warga sipil Dusun Raihenek, Desa Rainawe, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT yang melaporkan adanya orang tidak dikenal dan mencurigakan berada di depan rumahnya sekitar pukul 23.00 WITA, hal itu merupakan informasi awal dari penangkapan pelibas tersebut.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Praka Tamsir Langsung melaporkan kepada Danpos Auren Letda Arm Andis dan langsung diperintahkan mendatangi lokasi untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

Setibanya di lokasi langsung dilakukan penangkapan dan introgasi terhadap orang tidak dikenal dan mencurigakan tersebut. Dari hasil introgasi didapati info bahwa yang bersangkutan mengaku berkewarganegaraan Timor Leste dan tidak membawa identitas diri serta legalitas untuk memasuki wilayah Negara Indonesia dan mengaku telah memasuki wilayah Negara Indonesia secara ilegal pada pukul 09.00 WITA dengan tujuan menjenguk keluarga saudara Ibunya di desa tersebut.

Setelah dilakukan penangkapan, anggota Pos Auren membawa pelibas tersebut ke Koramil setempat untuk dilakukan pendalaman.

Keesokan harinya, anggota Pos Auren bersama-sama dengan pihak Koramil dan Kepolisian menyerahkan pelintas batas ilegal tersebut ke pihak imigrasi PLBN Motamasin untuk di proses lebih lanjut sebelum dideportasi ke RDTL.

Adapun identitas pelintas batas ilegal tersebut yaitu Bapak Almerio Amaral (39) pekerjaan petani merupakan warga Timor Leste tepatnya Dusun Ahiranai, Desa Oges, Kecamatan Suai Kota, Covalima Timor Leste.

Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.