Hari Jadi ke-76 TNI AL Ditandai Peresmian Pet Baru Tamtama

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meresmikan penggunaan Topi/Pet kelengkapan seragam Pakaian Dinas Upacara (PDU) I Tamtama TNI Angkatan Laut pada saat upacara peringatan Hari jadi ke 76 TNI AL bertempat di lapangan Trisila Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (10/9).

Penggunaan Topi/pet baru berwarna putih ini ditandai pemasangan Pet oleh Kasal kepada perwakilan Tamtama. Perubahan tutup kepala Tamtama baru dari Dop ke Pet untuk makin menumbuhkan kebanggaan bagi segenap prajurit Tamtama, juga menegaskan kesetaraan mereka pada pelaut-pelaut dunia. Pet Tamtama TNI AL memiliki ciri khas prajurit matra laut ini secara universal dipakai seluruh Angkatan laut seluruh negara. Seragam PDU I ini digunakan dalam kegiatan hari-hari besar negara, TNI maupun TNI AL.
Prajurit Tamtama TNI AL selain memiliki seragam PDU I dalam kegiatan melaksanakan tugas sehari-hari memiliki seragam lain yakni, Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan (PDL) TNI dan PDL TNI AL untuk PDL tutup kepala menggunakan baret. Peringatan Hari Jadi ke-76 TNI AL kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.”

Pada kegiatan ini, Kasal menyerahkan apresiasi penghargaan kepada para tokoh pendiri TNI AL yang diwakili para ahli waris. Selain itu juga memberikan penghargaan kepada Pangkalan teladan, Lanal teladan, KRI teladan dan Batalyon teladan. Pangkalan teladan diraih Lantamal IX Ambon, sementara Lanal teladan kelas B oleh Lanal Palu, Lanal kelas C diberikan kepada Lanal Tanjung Balai Asahan, sedangkan KRI teladan diraih KRI Gusti Ngurah Rai-332 dan Batalyon teladan diraih Yonif 2 Marinir. Disamping itu, disematkan juga penghargaan Bintang Jalasena kepada perwakilan Perwira dan Satya Lencana Kesetiaan 24, 16 dan 8 tahun kepada perwakilan Bintara dan Tamtama.

Sementara itu, rangkaian peringatan hari jadi ke 76 TNI AL antara lain. menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti bakti sosial dan bakti kesehatan, ziarah, program serbuan vaksinasi maritim, penyerahan tali kasih atau bingkisan kepada masyarakat yang membutuhkan serta melaksanakan doa bersama yang dilaksanakan di tempat ibadah Mako dan komplek TNI Angkatan Laut wilayah masing-masing, untuk mendoakan para pahlawan, leluhur, dan pendahulu TNI Angkatan Laut.

Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.