Pendalaman Materi Dan Diskusi Jadi Penutup Studi Lapangan Pasis Sus Danlanal Di Semarang

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL.Koarmada II. Surabaya – Sebanyak 19 orang Perwira Siswa atau Pasis peserta Kursus Komandan Pangkalan (Sus Danlanal) Tahun Angkatan 2021 dari Koarmada II, telah selesai melaksanakan kunjungan studi lapangan di Semarang. Adapun Empat instansi yang menjadi obyek studi, yakni Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Dinas Perikanan Kota Semarang, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas, dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Studi lapangan yang dilaksanakan TMT 20-24 September 2021 ini ditutup dengan pendalaman materi dan diskusi meliputi , Optimalisasi Penanganan Penaggulangan Bencana Covid 19 di wilayah kerja Lanal Semarang, Optimalisasi kerjasama dengan Forkopimda dalam menghadapi ancaman di wilayah kerja Lanal, Optimalisasi dan Koordinasi dengan Instansi terkait dalam Penegakkan Hukum di Wilayah Laut Lanal Semarang dengan Narasumber Dankolatkoarmada II, Danlanal Semarang dan Kasubdiskum Diskum Koarmada II.

Menurut Dankolat Koarmada II Kolonel Laut (P) Mulyadi kegiatan tersebut adalah bagian dari materi yang diterima para Pasis selama satu bulan mengikuti kursus. Tujuannya tidak lain untuk menambah wawasan Pasis terhadap bidang-bidang lain yang memiliki keterkaitan dengan TNI AL, yang harus dipahami oleh seorang Komandan Lanal nantinya.

Lebih lanjut Kolonel Mulyadi berharap dengan adanya studi lapangan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan teknis dan taktis secara optimal, serta mampu memecahkan permasalahan dan persoalan yang dihadapi di satuan kerjanya nanti, baik secara individu maupun kelompok dalam lingkup tugas dan wewenang masing-masing.

Dankolat juga menambahkan jika pelaksanaan studi lapangan sejalan dengan imbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) serta selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan SDM TNI AL yang unggul, agar para pasis sebagai calon Komandan Lanal, mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta dapat mengambil tindakan sesuai prosedur saat menghadapi persoalan di wilayah kerjanya. Serta mampu menjawab tuntutan TNI AL yang profesional melalui pengembangan kemampuan dan profesionalisme kerja mereka.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar personel pendamping, peserta dan pendukung kembali menuju Surabaya dengan menggunakan Bus Lantamal V.

Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.