Percepat terbantuknya Herd Immunity, Koarmada II Sasar Kota Pudak Dalam Serbuan Vaksin

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II, Surabaya – Upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi demi tercapainya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) seluruh masyarakat Indonesia, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II menggelar Serbuan Vaksinasi di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kabupaten yang terkenal dengan sebutan Kota Pudak ini, termasuk dalam wilayah aglomerasi (kesatuan wilayah sejumlah daerah) di Jatim, bersama dengan Surabaya, Sidoarjo, dan Bangkalan. Dimana TNI AL Koarmada II saat ini menjalin sinergitas yang erat dengan pemerintah dari ke-4 kabupaten/kota di wilayah aglomerasi tersebut.

Serbuan vaksinasi dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 30 Sepetember dan 1 Oktober 2021. Pelaksanaan terpusat di Wisma Jenderal Ahmad Yani (Kec.Gresik dan Kec.Kebomas), dan di tujuh (7) kecamatan lainnya di Kabupaten Gresik yakni Kecamatan Cerme, Kecamatan Manyar, Kecamatan Bungah, Kecamatan Dukun, Kecamatan Menganti, dan Kecamatan Wringin anom.

Untuk vaksin yang diberikan, Koarmada II bekerja sama dengan Pemkab Gresik, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jatim, dan Bank Jatim telah menyiapkan sebanyak 30.000 dosis vaksin Sinovac tahap I dan II bagi masyarakat umum dan pelajar di Gresik yang berusia 12 tahun ke atas. Selain melayani vaksin jenis Sinovac, panitia juga melayani pemberian vaksin jenis Astrazeneca dan Pfizer. Dalam kesempatan ini Bank Jatim juga menyerahkan bantuan 800 paket sembako yang disebar di tiap kecamatan yang dijadikan lokasi serbuan vaksinasi.

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han) bersama dengan Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, didampingi Dansatgas Serbuan Vaksinasi Gresik Kolonel Laut (P) Bayu Pranoto, serta pejabat dari OJK Jatim dan Bank Jatim, meninjau langsung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di Wisma Jenderal Ahmad Yani. Menurut Pangkoarmada II, kegiatan Serbuan Vaksinasi ini adalah perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19, juga demi cepatnya pemulihan ekonomi nasional.

Dalam pressconference Pangkoarmada II menyampaikan “bahwa Capaian Vaksinasi pada hari pertama di Wisma Jenderal Ahmad Yani Gresik ini kurang lebih 2000 dosis, akan tetapi jika digabungkan dalam 8 Kecamatan di Kabupaten Gresik total sudah mencapai 11.500 dosis. Beliau berharap serbuan vaksin yang dilanjutkan pada hari kedua besok 01 Oktober 2021 akan mampu menghabiskan 30.000 dosis. Saat ini telah pencapaian 60% diharapkan besok mampu 70%.

Lebih lanjut Panglima menyampaikan “Terimakasih kepada Bapak Bupati Gresik beserta seluruh jajaran atas terselenggaranya kegiatan serbuan vaksinasi Maritim Gresik ini, serta terimakasih kepada Dirut Bank Jatim yang telah memberikan bantuan paket Sembako kepada masyarakat yang divaksin di 8 Kecamatan sehingga dapat menambah semangat bagi masyarakat dalam melaksanakan vaksinasi”, terang Panglima.

Editor : Ndre
Sumber : Pen 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE