TNI AL Bahas Kerja Sama Dengan Republic of Singapore Navy

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang militer, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Republic of Singapore Navy (RSN) membahas kerja sama bilateral Navy To Navy Talks (NTNT) ke-11 bertempat di Ruang Djakarta, Hotel Raffles, Jakarta, Rabu, (1/9).

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin Head of Delegation (HoD) Asisten Operasi Kasal, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M. Tr (Han)., didampingi Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., beserta Perwira Staf. Sedangkan pihak RSN bertindak selaku HoD adalah Head of Naval Operation RSN, Rear Admiral Seah Poh Yeen beserta Perwira Staf RSN.

Laksda TNI Dadi Hartanto pada pembukaan NTNT menyampaikan ucapan terima kasih kepada RSN atas bantuannya pada operasi search and rescue KRI Nanggala-402, serta pemberian bantuan peralatan penanganan Covid-19. “Hubungan antara TNI AL dan RSN telah terjalin selama sejak lama dan memberikan pengaruh positif kepada keamanan maritim di kawasan. Oleh sebab itu, hubungan ini harus dilanjutkan serta ditingkatkan dalam rangka memberikan keuntungan antar kedua Angkatan Laut,” tuturnya.

NTNT ke-11 ini membahas agenda kegiatan di tahun 2021-2022 yakni, Review action items hasil pertemuan NTNT ke-10, paparan struktur organisasi RSN serta kesepakatan kerja sama kedepannya dalam bidang latihan, pendidikan, kunjungan kapal maupun pertukaran perwira.

Sebagai wujud hubungan baik kedua Angkatan laut, pihak RSN sepakat untuk memberikan pelatihan dan kursus baru kepada TNI AL terkait Submarine Rescue Vehicle (RSV) yang akan didahului dengan penjelasan peralatan RSV.

Kegiatan ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional dalam Bidang Latihan.

Hadir pula dalam kegiatan ini perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Puskersin TNI, serta Atase Pertahanan RI di Singapura.

Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.