Dankodiklatal Hadiri Gelar Pasukan Latopsfib TNI AL

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal – Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Damkodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, menghadiri secara langsung Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Amfibi (Latopsfib) yang dilaksanakan di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., tersebut diikuti oleh 417 personil yang terdiri dari satu peleton Pasusla, Kopaska, Taifib, Penyelam, Penerbang, ST Hanlan, Pengawak Material, Satgasla, Pasrat dan komponen Maritim. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa Latihan operasi amfibi merupakan implementasi nyata dari pembinaan dan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut menuju kekuatan laut yang siap dioperasikan atau operational ready force.

“Hal ini diperlukan untuk menjawab tantangan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang selalu berubah dengan cepat. Oleh karena itu, dibutuhkan kekuatan Angkatan Laut yang mampu untuk digerakkan setiap saat dalam situasi apapun, ” ujarnya.

Sebagai pimpinan TNI Angkatan Laut, lanjutnya, saya berharap dengan digelarnya latihan operasi amfibi ini, para prajurit laut mulai dari level Panglima, Komandan, hingga Prajurit terbawah dapat terus menempa diri melalui pengalaman maupun permasalahan-permasalahan yang akan ditemui selama pelaksanaan manuver lapangan.

Kasal menambahkan, dengan terus menempa diri, tentunya kemampuan dan profesionalisme kita sebagai garda terdepan laut nusantara akan semakin terasah dan teruji.

“Dengan demikian, amanah rakyat Indonesia yang diembankan kepada TNI Angkatan Laut untuk menjaga perairan nusantara dapat kita laksanakan walaupun dengan tetesan keringat dan darah, ” ujarnya.

Dalam Latopsfib ini, Kodiklatal menerjunkan puluhan personel dan material yang tergabung dalam Denmalat Latopsfib TNI AL yang berkedudukan di Dabo Singkep, Prov. Riau Kepulauan. Pergeseran ke daerah latihan telah dilaksanakan pada akhir pecan lalu dengan menggunakan KRI Teluk Manado.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE