Ladokgi TNI AL R.E. Martadinata Dukung Ipadokgimil Selenggarakan Webinar Internasional 3rd IMDF

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI AL R.E. Martadinata mendukung Ikatan Peminatan Ilmu Kedokteran Gigi Militer (Ipadokgimil) yang bekerjasama dengan Pusat Studi Ilmu Kedokteran Gigi Militer Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Webinar Internasional dan Hands on Indonesia Military Dentistry Forum (IMDF) ke-3 tahun 2021 secara daring yang dibuka Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr. Budiman, Sp.BP,RE (K)., M.A.R.S., MH.

Webinar yang mengusung tema “Global Challenge In Dentistry During Pandemic Situation” ini dilaksanakan selama dua hari 8 dan 9 Oktober 2021 diikuti sebanyak 580 peserta, terdiri dari 163 orang dari 18 negara termasuk 10 orang sebagai pembicara dan 417 peserta dari Indonesia dengan 17 orang pembicara yang dibagi dalam main lecture, short lecture dan hands on.

Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Budiman, Sp.BP,RE (K)., M.A.R.S., MH, dalam sambutannya mengatakan bahwa pandemi Covid-19 menjadi permasalahan serius yang sedang dihadapi seluruh dunia, termasuk Indonesia sehingga berdampak luas terhadap aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. “TNI sebagai salah satu kekuatan bangsa turut berperan serta dalam menangani pandemi Covid-19 yang merupakan suatu ancaman, hambatan, dan tantangan bagi bangsa Indonesia dalam perspektif ketahanan nasional” ujar Kapuskes.

Kapuskes TNI berharap agar webinar dan kegiatan hands on ini akan meningkatkan wawasan dan inovasi tentang dukungan kesehatan dan pelayanan kesehatan selama pandemi, serta menjadi sarana untuk membangun lebih banyak peluang kerjasama lokal dan internasional.

Sementara itu Ketua Ipadokgimil Laksamana Pertama TNI Dr. drg. Ganesha Wandawa, Sp. Perio., sekaligus Kepala Ladokgi TNI AL menjelaskan bahwa selain mengadakan webinar internasional, pada IMDF ke-3 Tahun 2021 juga telah melaksanakan kegiatan bakti sosial secara virtual oleh tiap-tiap matra dengan tema “Mempersiapkan Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Seleksi Calon Prajurit TNI” diikuti oleh para siswa SMA Kartika, Sekesal Jakarta, Makassar, dan SMA Angkasa, dengan total 723 peserta.

Beberapa narasumber dihadirkan baik luar maupun dalam negeri diantaranya Kolonel Laut (K/W) (Purn) Dr. drg. Fanny M. Laihad, Sp.BM; Capt (Dr) Tengku Natasha Eleena Binti Tengku Ahmad Noor, DDS (UNAIR), MFDS RCS (Edinburgh), Malaysia; Kolonel Kes Dr. dr. Wawan Mulyawan, Sp.BS, Sp.KP, FINSS, FINPS, AAK.; Dr. Elif Gunce Eskikoy, DDS, PhD (ICRC); Lt Col Dr Norinda Tengah, BDS, MSc (Clin) OMFS, MFDS RCPS (Glas) (Brunei), Surg.; Capt. Dr (MS) Maninder Hundal, VSM (Indian Navy); Col Dr Jefri Haji Abdul Razak SMB, PSB, BDS (Lon), MSc (Lon), DDPH RCS (Eng), psc (Brunei); dan KBP Drg. Ahmad Fauzi, MM., GDipForOdont, Sp.OF.

Sementara itu kegiatan praktik atau Hands On (HO 1) tentang pembuatan Odontogram sesuai panduan Kemenkes RI oleh drg. Alphonsus R. Quendangen, DFM, Sp0F (K), (HO 2) Letkol Kes drg Purnama Jaya, SpPM., tentang penatalaksanaan manifestasi oral pasien Covid 19 dan (HO 3) Mayor CKM drg. Sapto Haryoseno, Sp.BM., tentang penanganan darurat pada luka robek dengan simple suturing pada trauma saat latihan/perang.

Pelaksanaan webinar internasional ini sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional.

Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.