Pesawat NC 212-200 Aviocar TNI AL Jatuhkan Ranjau Laut ke Kapal Selam Musuh di Perairan Situbondo

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – Satu kapal selam musuh berhasil terdeteksi oleh radar Pesawat NC 212-200 Aviocar U-6216 yang bermarkas di Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal, Jum’at (30/9).

Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Winardi, S.H., M.H., memerintahkan Pasops Wing Udara 2 Letkol Laut (P) Adam Firmansyah, M.Tr.Opsla untuk mengerahkan satu unsur Pesud NC 212-200 Aviocar dalam rangka melaksanakan Operasi pengintaian dan penghancuran tarhadap target yaitu Kapal Selam Asing yang terdeteksi di perairan Situbondo.

Dalam operasi ini melibatkan beberapa satuan matra laut yang terdiri dari Satkopaska Koarmada II dan Satuan Kapal Ranjau Koarmada II. Pesawat NC 212-200 Aviocar dengan Pilot Lettu Andre dan Copilot Letda Dendy, dengan senyap dan tepat mampu menghancurkan target dengan menjatuhkan satu Ranjau laut melalui udara dengan berat sekitar 1 ton dan target dapat di hancurkan dengan tepat sasaran.

Kegiatan ini merupakan sekenario Latihan Peperangan Ranjau Koarmada II TA. 2021. Komandan Wing Udara 2 berpesan “Latihan ini merupakan wujud rasa tanggung jawab kita sebagai pasukan tempur matra Laut untuk menjaga lautan Indonesia dari ancaman musuh serta untuk melatih kekompakan, ketelitian dan ketepatan dalam melaksanakan oprasi tempur dengan satuan lain di bawah jajaran TNI Angkatan Laut,” Ujarnya.

Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen Puspenerbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.