Prajurit Yonarhanud 1 Kostrad Ikut Andil Dalam Kegitan Donor Darah

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Prajurit Yonarhanud 1 Kostrad ikut andil dalam kegitan donor darah yang diselenggarakan oleh IKA UB (Ikatan Alumni Universitas Brawijaya) bekerja sama dengan PMI yang bertempt di Gelora Bung Karno Gd Parkiran Elevated B, Jakarta. Minggu (17/10/2021).

Kegiatan donor darah ini dihadiri sekaligus dibuka oleh mantan Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI.

Darah merupakan cairan yang terdapat di dalam pembuluh darah yang memiliki fungsi mengatur keseimbangan asam dan basa, mentransportasikan O2, karbohidrat, dan metabolit, mengatur suhu tubuh dengan cara konduksi atau hantaran, membawa panas tubuh dari pusat produksi panas (hepar dan otot) untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

“Darah adalah hal yang penting dalam tubuh. Berdasarkan perhitungan internasional, dibutuhkan 2% kantong darah pada populasi di sebuah negara. Pada saat pandemi ini, sangatlah dibutuhkan kantong darah, terlebih di Jakarta, dibutuhkan 1.000 kantong darah per hari. Dengan di adakannya Donor Darah IKA UB sangatlah membantu kebutuhan darah saat ini”, ujar Dida Sarkan, Ketua Pelaksana IKA UB.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 prajurit Yonarhanud 1 Kostrad ini merupakan bentuk kepedulian TNI-AD kepada warga masyarakat di tengah era pandemi Covid – 19.

Besar harapan dalam kegiatan ini dapat menggugah empati masyarakat dan prajurit khusunya di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk mendonorkan darahnya, karena mendonorkan darah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan saat pandemi, bisa dilakukan dengan aman.

“Terima kasih dan penghargaan untuk IKA UB, rekan-rekan dari TNI dan seluruh pendonor karena telah ikut berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan donor darah ini,” tutup Ketua pelaksana donor darah diakhir kegiatan.

Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.