Danpuslatmar Kodiklat TNI AL Buka Latihan Pengamanan Obyek Vital TA 2021

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Surabaya – Komandan Pusat Latihan Marinir (Danpuslatmar) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake S secara resmi membuka Latihan Pengamanan Obyek Vital (Obvit) yang diikuti 87 prajurit Kodiklatal. Adapun pembukaan latihan tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Puslatmar Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (22/11/2021).

Ke-87 Prajurit peserta latihan berasal dari beberapa Satker di bawah Kodiklatal antara lain Puslatmar sekaligus penyelenggara menyertakan 21 orang, Kodikopsla mengirimkan 11 orang, Kodikdukum 11 orang, Kodikmar 11 orang, Puslatdiksarmil 6 orang, Puslatlekdalsen 5 orang, Puslatopsla 4 orang, Denmako 5 orang, Pusdikpel 6 orang, Pusdiklek 6 orang, Ditjianbang 1 orang.

Selain Danpuslatmar sebagai Inspektur, kegiatan pembukan latihan Penanggulangan Obvit ini Danup dijabat Kapten Marinir Losmana S, turut hadir dalam Pembukaan para Komandan Satuan pelaksana (Dansatlak) Puslatmar serta perwira dan Staf Puslatmar.

Danpuslatmar Kodiklatal Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake S dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakan latihan pengamanan objek vital ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Kodiklatal sebagai prajurit matra laut yang disiapkan untuk menghadapi situasi pada saat ada penugasan serta meningkatkan pengetahuan dan penguasaan prajurit tentang teknik pengamanan objek vital yang merupakan bekal sebagai pengawak organisasi Kodiklatal. Semua itu akan dapat dicapai apabila proses pembinaan dan tahap latihan yang diprogramkan benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Menurutnya dalam membentuk prajurit matra laut yang handal dan profesional diperlukan seorang sosok pelatih, pembimbing dan instruktur yang mumpuni dari segi akademik, fisik dan mental. Pelatih ini juga dapat memberikan suri tauladan kepada prajurit yang dididik dan dilatih. Mengacu kepada hal tersebut, maka tujuan dan sasaran latihan yang telah ditetapkan dalam direktif latihan harus dipegang teguh oleh penyelenggara maupun pelaku latihan, agar tujuan dan sasaran latihan dapat dicapai secara optimal dengan melaksanakan latihan secara proporsional dan profesional.

Kepada penyelenggara latihan, Danpuslatmar berharap agar selalu melaksanakan tugasnya dengan baik, diawasi dan dikendalikan serta terukur sesuai dengan rencana latihan yang telah ditetapkan. Selain itu agar menciptakan suasana latihan yang kondusif, kreatif, interaktif dan dinamis sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta latihan secara maksimal.

Sedangkan kepada peserta latihan, Danpuslatmar mengucapkan selamat berlatih, semoga latihan ini mampu memberikan kontribusi positif. “Persiapkan diri dan kemampuan kalian agar dapat mengikuti semua materi latihan secara maksimal, selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita senantiasa diberikan perlindungan selama mengikuti latihan.” Tegas Danpuslatmar.

Disisi lain disampaikan seiring masih penndemi Covid 19 agar penyelenggara dan pelaku latihan ditekankan selama pelaksanaan latihan agar tetap berpedoman pada protokol kesehatan pandemi covid-19 dengan gunakan masker serta menjaga jarak selama latihan berlangsung.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.