Jaga Lingkungan dan Dukung Ketahanan Pangan, TNI AL Tanam Sejuta Pohon

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka mendukung dan menjaga kelestarian lingkungan alam sekaligus mendukung ketahanan pangan di masyarakat, TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan gerakan Penanaman Sejuta Pohon di sejumlah wilayah secara maraton. Penanaman pohon dan pelepasan benih ikan air tawar secara simbolis dilaksanakan di wilayah Boyolali, Jawa Tengah. Selasa (16/11).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., ini dilaksanakan oleh jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, sekaligus dihadiri oleh Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr., (Han)., M.Tr. Opsla, CHRMP. Bersamaan kegiatan penanaman pohon ini, khusus kegiatan di wilayah Madiun, Jawa Timur dilaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Maritim.

Di wilayah Boyolali, tepatnya di Desa Giriroto, TNI AL menanam 200 bibit pohon berjenis mangga dan durian, serta melepas sebanyak 15.000 benih ikan air tawar di Embung Giriroto, Boyolali.

Dikatakan oleh Komandan Lantamal V dalam kesempatan ini bahwa, kegiatan yang digelar merupakan langkah awal untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem sebagai upaya pemulihan konservasi alam.

“Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, diharapkan pada masanya nanti akan mampu untuk turut membantu menjaga lingkungan alam, serta mendukung perkembangan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Giriroto,” tandas Danlantamal V.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Giriroto Bapak Purwanto mengatakan, ini merupakan momentum terintegrasinya antara kemaritiman dan pertanian agraris menjadi cikal bakal integritas di negeri ini khususnya di Desa Giriroto.

“Semoga desa ini menjadi lebih maju dan terintegrasi dari segala aspek demi kemajuan bangsa dan negara, dan muncul generasi Maritim dari Desa Giriroto” kata Kepala Desa Giriroto.

Selain dihadiri Komandan Lantamal V, hadir sejumlah pejabat antara lain Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, Camat Ngemplak Drs. Sumarmo, M.M., Kepala Desa Giriroto Bapak Purwanto, Aspotmar Lantamal V Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (P) Kolonel Laut (P) Nazarudin, CHRMP, Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH) Damayanti, S.H., M.M., CHRMP.

Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.