Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Gladi Model Penanganan Banjir Tahun 2021

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Kodim 0507/Bekasi menggelar latihan gladi model penanganan banjir yang bertempat di Koramil 04/Jatiasih Jalan Swatantra IV, Rt.06/04, Kel.Jatiasih, Kec.Jatiasih, Kota Bekasi. Selasa (23/11/2021).

Kegiatan latihan gladi model penanganan banjir tersebut dalam rangka penyiapan serta antisipasi pelaksanaan operasi bantuan kepada Pemda Khususnya Pemerintah Kota Bekasi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Mayor inf Widiarto,SM., Pasiter Dim, Mayor Inf Kusmayadi Pasipers Dim, Mayor Inf Sutadi Pasiops Dim, Mayor Inf Sanusi Desky Firdaus Pasilog Dim, para Danramil, para Batuud Koramil jajaran Kodim 0507/Bekasi dan para pendukung 5 orang.

Perlu diketahui bahwa di wilayah Kota Bekasi masih terdapat daerah yang cukup rawan terjadinya berbagai bencana banjir, mengingat lokasi wilayah yang berada di samping sungai besar dan di wilayah cekungan yang lokasinya lebih rendah dari jalan, sungai dan kali besar.

Menurut Mayor Inf Sutadi Pasiops Dim selaku Koordinator latihan mengatakan bahwa rencana latihan gladi model penanggulangan banjir yang dilaksanakan saat ini, akan berlangsung selama tiga hari.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Iwan Aprianto,S.I.P., juga menyampaikan penekanannya melalui Mayor inf Widiarto,SM., Pasiter Dim, mengatakan bahwa seluruh peserta latihan agar memanfaatkan waktu yang relatif singkat ini secara optimal dan sungguh-sungguh sehingga di harapkan Latihan Gladi model penanganan banjir dapat berhasil sesuai dengan tujuan latihan yang sudah di tentukan dalam direktif latihan.

Tidak hanya itu Latihan Gladi Model ini juga merupakan suatu bentuk metode latihan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan PPKT bagi para Staf Kodim dengan para Danramil dalam perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengendalian suatu kegiatan operasi dalam penanggulangan bencana khususnya penanganan Banjir diwilayah Kota Bekasi.

Dandim juga menyampaikan bahwa latihan Gladi Model penanggulangan banjir ini dapat terselenggara dengan lancar dan aman serta mencapai hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu menjadikan perhatian dan pedoman oleh seluruh perangkat peserta latihan.

“Pahami dan kuasai secara benar mekanisme Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) Para Danramil dan Staf Kodim agar tugas pokok dapat terlaksana dengan baik”,

“Mantapkan keterpaduan dan kerjasama antar instansi dan komponen bangsa lainnya di wilayah, sehingga terjalin sinergitas dan terkoordinasi untuk menyelesaikan setiap permasalahan khususnya yang berkaitan dengan penanggulangan bencana alam”,

“Bertindaklah secara aktif, profesional dan proporsional dalam menjalin koordinasi dengan aparat terkait, guna membangun kerjasama yang solid”,

“Terapkan dan laksanakan protap protocol kesehatan Covid-19 selama pelaksanaan kegiatan latihan”,tutup nya.

Pelaksanaan latihan Gladi Model penanggulangan banjir hari pertama Terlaksana dengan amn dan lancar.

Editor : Ndre
Sumber : Kodim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.