Lima Personel Pasrat Terpapar Radioaktif di Daerah Operasi

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Tim Kesehatan Bantuan (Kesban) Satuan Tugas Dukungan Kesehatan (Satgasduk) TNI melaksanakan dekontaminasi Nubika terhadap lima personel Pasukan Pendarat (Pasrat) yang diduga terpapar radioaktif saat melaksanakan operasi militer.

Akibat terkontaminasi radioaktif tersebut, kelima personel Pasrat tersebut mengalami luka yang cukup parah dan tidak bisa melanjutkan tugas berikutnya di medan operasi. Para personel Pasrat tersebut mengalami mual, muntah, pusing, sakit kepala dan ada beberapa yang mengalami sampai kulit merah, gatal dan rasa terbakar. Apabila tidak segera ditangani, maka akan sangat berbahaya.

Oleh sebab itu, Tim Evakuasi Satgasdukkes segera bergerak dengan mobile ambulance serta peralatan khusus menjemput kelima personel Pasrat tersebut untuk dievakuasi ke Rumah Saki Lapangan (Rumkitlap).

Sementara itu, Tim Hospitalisasi yang bersiaga di Rumkitlap menyiapkan kelengkapan untuk memberikan bantuan dan melaksanakan perawatan lanjutan terhadap kelima personel Pasrat tersebut.

Tim kesehatan melakukan pemeriksaan aktivitas radiasi dan terdeteksi adanya radioaktif. Tim kesehatan kemudian memandikan kelima personel Pasrat tersebut dengan menggunakan cairan khusus untuk mencuci zat radioaktif. Prosedur tersebut dilaksanakan untuk memastikan tidak ada zat radioaktif yang menempel di tubuh (kontaminasi).

Demikian skenario geladi lapangan yang dilaksanakan Satgasdukkes dalam Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) Kesehatan TNI AL tahun 2021 di Karang Pilang, Surabaya. Latihan yang berlangsung selama 14 hari tersebut diikuti oleh 245 personel TNI AL dari berbagai Kotama, diantaranya personel Kodiklatal sebagai penyelenggara dan personel dari Mabesal sebagai peninjau. Sedangkan peserta latihan dari Koarmada, Lantamal, Pasmar serta dari RSPAL dr. Ramelan.

Latopsduk Kesehatan bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan unsur-unsur dan personel kesehatan dalam melaksanakan Operasi Dukungan Kesehatan pada Operasi Gabungan TNI, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) menggelar Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) Kesehatan tahun 2021.

Sedangkan Tema latihan kali ini adalah Satgas Dukungan Kesehatan melaksanakan Operasi Dukungan Kesehatan di mandala operasi Jawa Timur dan sekitarnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kogab TNI. Usai mengikuti latihan ini, diharapkan seluruh peserta mahir dan menguasai dalm pelaksanaan dukungan kesehatan pada Opsgab TNI.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.