Prajurit Dan PNS Koarmada II Mendapat Sosialisasi Tentang Pengelolaan Serta Pengurusan Hak-Hak Prajurit TNI AL

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II, Surabaya – Puluhan Prajurit dan PNS Koarmada II mendapatkan sosialisasi tentang pengelolaan serta pengurusan hak-hak prajurit TNI AL oleh Kepala BP Tabplin Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) Mabesal Kolonel Laut (S) Rachmat Kurniawan Putra, S.E., bertempat di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Surabaya, Selasa, 02/11).

Inspektorat Koarmada II Laksma TNI Bambang Supriyanto, CFra., yang menghadiri secara langsung sosialisasi yang diselenggarakan oleh Tim Diskual yang dipimpin oleh Sekdiskual Kolonel Laut (S) Ida Bagus R. berharap dengan selesainya sosialisasi maka para operator dan staf akun tidak menemui kendala, sehingga pada saat melaksanakan laporan keuangan dapat tersaji dengan baik.
“ Kita berharap selesainya kegiatan ini dapat memberikan gambaran terhadap pengelolaan Tabplin dan administrasi keuangan terkait hak-hak personil. Manfaatkan kegiatan ini dengan baik, simak secara serius apa yang akan disampaikan oleh tim sosialisasi, sehingga dapat menambah wawasan agar mampu mengaplikasikan materi sosialisasi ini sebagai bekal pengetahuan di kedinasan, “ ungkapnya.
Sementara itu dalam paparannya, Ka BP Tablin Kolonel Rachmat mengatakan, “ Kegiatan ini merupakan sarana dan upaya untuk memberikan pengertian dan petunjuk kepada prajurit Koarmada II berkenaan dengan Tabungan Disiplin Prajurit dan PNS. Tabplin adalah tabungan prajurit dan PNS TNI-AL, yang bersumber dari penyisihan gaji yang bersangkutan, setiap bulan selama berdinas aktif dan sampai diterimakan saat menjalani purna tugas, “ jelasnya.

“ Berkaitan dengan semakin meningkatnya saldo tabplin, penggunaan tablin saat ini dapat dirasakan melalui program yang diselenggarakan oleh Diskual diantaranya undian tabplin, kepemilikan rumah melalui dinas dan program kredit untuk kebutuhan prajurit, “ pungkasnya.

Kolonel Rachmat juga menjelaskan mekanisme pemotongan dan pencairan dana Tabplin yang dilaksanakan secara terpusat di Diskual melalui Akun masing-masing Kotama serta mekanisme pengajuan pinjaman program PPR Tabplin (Pinjaman Pemilikan rumah).

Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.