Sidang Paripurna DPRD Lampung Selatan Dalam Rangka HUT Kabupaten Lamsel Ke-65

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto beberkan sejumlah capaian dan peraihan Penghargaan dari 2019 sampai 2021 saat sambutan pada sidang paripurna DPRD Lampung selatan dalam rangka HUT Kabupaten Lamsel ke-65 di gedung dewan setempat, senin (15/11/2021).

Sidang di buka oleh ketua DPRD Lamsel Hendry Rosyadi dan dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD lamsel, Bupati dan wakil bupati, gubernur lampung di wakili staf ahli bidang kemasyarakatan dan sdm provinsi lampung, anggota forkopimda, Kapolres , Dandim, Kejari, kalapas , sekda, para staf ahli bupati, para assisten, inspekturkab, sekwan, para kadis dan kaban,tokoh adat 5 marga sai batin kalianda , tokoh masyarakat, dan para undangan lainnya.

Di awal paripurna istimewa ini, Ketua DPRD Hendry Rosyadi mengatakan melalui momentum HUT Lamsel ini di harapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat pengabdian dalam rangka mewujudkan lamsel yang semakin maju, sejahtera dan berdaya sahing.

Hendri Rosyadi menerangkan sejarah lahirnya kabupaten lamsel secara rinci da pada intinya tanggal 14 november 1956 merupakan hari jadi kabupaten lampung selatan.

Dalam sambutanyan, Bupati Nanang Ermanto mengatakan dalam rangka HUT lamsel kali cukup istimewa kerena dalam mementum penting dalam rangka mewujudkan rasa syukur akan berbagai anugrah karunia yang di berikan tuhan yang maha esa dan pada lampung selatan merupakan refleksi terhadap jati diri yang di ekspresi oleh pendiri kabupaten ini. “Kiranya tidak berlebihan lampung selatan bisa maju sejahtera dengan semangat gotong royong,”kata Nanang.

Selama di kepemimpinan kami lanjut nanang, sudah banyak capaian dan menerima penghargaan baik dari pemerintah provinsi maupun lembaga-lembaga lainya dari tahun 2019 sampai 2021.

Pertama, Pada 2019 lampung selatan meraih pringkat D dari kementerian pemberdayagunaan aparatur negara dan repormasi birokrasi RI. Kedua, mempertahankan 4 kali WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan(BPK) RI.

Ketiga, pemerintah lampung selatan menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan kategori lintas sektor dalam penyelenggaraan pembinaan terpadu penyakit tidak menular yang di raih Posbindu BTM Cinta Sehat dari kementerian Kesehatan.

Selanjutnya, Penghargaan Utama Desa Sehat diraih oleh Desa Taman Agung kecamatan Kalianda dari lomba desa sehat tingkat nasional. Penghargaan pada tokoh pimpinan lembaga yang telah mendukung pemerintah di bidang kesehatan tepat di hari kesehatan nasional ke-56 tahun 2020 oleh kementerian kesehatan RI.

Penghargaan dalam penanganan stunting sebagai kabupaten paling inovatif atas pelakasanaan aksi konfergensi penurunan stunting untuk kategori kinerja kabupaten pada tahun 2020 dari pemerintah provinsi lampung. “ini merupakan suatu kebanggaan kita, karena sekarang pada program swasembada gizi lampung selatan. Kita lampung selatan masuk 6 besar terbaik nasional. dari 500 kabupaten kota, kita masuk 6 besar seluruh indonesia,”ungkap nanang.

Oleh karena itu terus Nanang, pada tanggal 23 november 2021 nanti ada ferivikasi dari Bapenas untuk di jadikan model dalam penuntasan stunting untuk mempersiapkan generasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Penghargaan kategori kepala daerah/Bupati yang ikut terlibat meningkatkan pelayanan dan pembangunan khususnya sebagai pembina posbindu penyakit tidak menular. Penghargaan sanitasi kota berbasis masyarakat(SKBM) berkelanjutan 2020 sebagai kabupaten terbaik kedua yang stop buang air besar sembarangan.

Penghargaan Cindar Bumi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) provinsi Lampung berupa piagam penghargaan kategori paling aktif kampanye melawan covid19 dan penghargaan cindar bumi kategori stunting.

Penghargaan WTP dari BPK RI perwakilan provinsi lampung. Penghargaan terbaik kinerja kabupaten kota inovatif aksi kofergensi penurunan stunting 2021. penghargaan kabupaten layak anak tingkat pertama tahun 2021.

Selanjutnya, mengenai capaian vaksinasi yang telah dilaksanakan berdasarkan data dari KPCPN Dinas Kesehatan lamsel per 13 november 2021 dengan total 71 persen dengan harapan lamsel masuk zona hijau.

Untuk mencapai hasil pembangunan lampung selatan lanjut Nanang, di butuhkan persamaan presepsi serta komitmen dari seluruh pemangku kepentingan karena pemerintah kabupaten lampung selatan tidak akan mampu hal tersebut jika tidak mendapatkan dukungan semua pihak.

Penulis : Rudi
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.