Tingkatkan SDM Bidang Keuangan, TNI AL Gelar Kursus Laporan Keuangan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang keuangan di lingkungan TNI Angkatan Laut (TNI AL), dalam hal ini Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) selaku pembina teknis bidang keuangan di lingkungan Unit Organisasi (UO) TNI AL menggelar Kursus Laporan Keuangan Terpadu TNI Angkatan Laut (TNI AL) TA. 2021 di pimpin oleh Kadiskual Laksma TNI Poedji Santoso, CHRMP., bertempat di Ruang Rapat Diskual, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/11).

Kegiatan ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam program prioritas yakni membentuk SDM TNI AL yang unggul dan profesional dengan tujuan agar seluruh peserta dapat mempertajam fungsi manajerial dalam memahami kerangka konseptual penyusunan laporan keuangan mulai dari tingkat satker, tingkat wilayah dan tingkat Eselon-1 UO TNI Angkatan Laut serta memahami penyebab dan solusi terhadap permasalahan yang sering terjadi dalam proses penyusunan laporan keuangan.

Acara yang akan berlangsung selama 3 pekan kedepan di ikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari 7 orang berasal dari wilayah Jakarta dan 13 orang berasal dari wilayah luar Jakarta. Selanjutnya, kursus ini akan di laksanakan dengan dua metode pembelajaran yaitu untuk wilayah Jakarta di lakukan pembelajaran tatap muka di kelas Diskual dan untuk wilayah luar Jakarta dengan metode video converence (vidcon) di Satuan Kerja (Satker) masing-masing, hal ini di lakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dalam sambutannya Kadiskual, mengatakan bahwa Penyusunan Laporan Keuangan dari waktu ke waktu mengalami perubahan, pada tahun anggaran 2021 ini adalah tahun terakhir dalam penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan Aplikasi. “Mulai tahun 2022 seluruh Unit Organisasi dibawah Kementerian Pertahanan dan TNI sudah menggunakan Aplikasi SAKTI, Aplikasi SAKTI ini bersifat membantu untuk mempermudah dalam proses penyusunan Laporan Keuangan,” ungkap Laksma Podjie.

Selain itu, Kadiskual juga menekankan kepada seluruh peserta untuk ikuti semua pelajarannya dengan baik, tetap jaga kesehatan serta memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan bertanyalah kepada instruktur jika hal yang kurang jelas, serta menjaga protokol kesehatan. Kemudian untuk para instruktur di himbau untuk memberikan semua ilmu dan pengalaman yang dimiliki kepada para peserta agar setelah mengikuti kursus ini mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di Satker masing-masing.

Turut hadir Sekdiskual Kolonel Laut (S) Ida Bagus Rahyudodiputra, S.E., CF.rA., para Kasubdiskual, Ka Bp Tabplin, Ka Kuwil Mabesal, Kabagminpers Diskual, Ka Akun Mabesal seta para Instruktur yang terlibat dalam Kursus Laporan Keuangan Terpadu TNI Angkatan Laut.

Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.