Dandim 0510 Tigaraksa Hadiri Apel Gelar Pengamanan Tahun Baru 2022

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Tigaraksa – Komandan Kodim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar SH., MI Pol hadir dalam pelaksanaan Apel Gelar Pengamanan Tahun Baru 2022 yang dilaksanakan di di lapangan Polresta Pusat Pemerintahan Kab. Tangerang, Jumat (31/12/2021).

Bertindak sebagai penanggung jawab apel adalah Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, SH, SIK, MSi Kapolresta Tangerang dengan dihadiri Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Nursyah Putra, S.IK Kabid Propam Polda Banten, Letkol Inf Bangun IE Siregar SH., MI.Pol Dandim 0510 Trs, AKBP Leonard M Sinambela, SH, SIK, MH Waka Polresta Tangerang, Mayor Lek Agustinus Kasiops Radar 211 Tanjung Kait Tangerang, Mayor Arh Irfan Wibowo S.A.P Dan Den Rudal 003, Kapten Inf Dwi Pasiops Kodim 0510/ Trs, Danramil 04/ Ckp, Danramil 06/ Trs Kodim 0510/ Trs, Letda Inf Wahyono Danunit Intel Kodim 0510/ Trs, PJU Polresta Tangerang dan Para Kapolsek Jajaran Polresta Tangerang.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro S.H S.IK M.H, membacakan amanat dari Kapolri yang intinya bahwa Apel gelar Pam Tahun Baru diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin 2021″ dalam rangka pengamanan perayaan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.” kata Kapolresta Tangerang.

Kapolresta Tangerang mengatakan bahwa Perayaan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, protokol kesehatan Covid-19.

“Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.” lanjut Kapolresta Tangerang

Disampaikan Kapolresta Tangerang, dalam pelaksanaan pengamanan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan. pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan lain – lain.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.” lanjut Kapolresta Tangerang.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Untuk itu, saya harapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan 5 dari 8 dalam pelaksanaan tugas, yaitu sebagai berikut:

Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum perayaan tahun baru 2022.

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Ketujuh, Tetaplah 6 dari 8 teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengamanan Tahun baru 2022 semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak”

Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2022”. tutup Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro di akhir amanat itu.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kodim 0510/Trs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.