Satgas Kodim Lanny Jaya Yonif MR 412 Kostrad Ajarkan Pemuda Pedalaman Papua Seni Bela Diri Pencak Silat

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Sebagai bentuk perwujudan pembinaan ketahanan wilayah Satgas Kodim Yonif MR 412 Kostrad mengajak para pemuda yang ada di pegunungan tengah Kab. Lanny Jaya Papua untuk mengenal dan mempelajari serta menumbuhkan rasa cinta terhadap warisan budaya asli Indonesia yakni seni bela diri Pencak Silat.

Salah satu Program unggulan Satgas Kodim Lanny Jaya Yonif MR 412 Kostrad ini dilaksanakan oleh jajaran Pos Satgas Ramil Malagayneri dan Pos Satgas Ramil Pirime dengan mengajarkan seni bela diri pencak silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) kepada para pemuda di sekitar Pos tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Kodim Lanny Jaya Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. RenaIdy Herbowo, S.Sos., M.Si dalam rilis tertulisnya di Tiom, Lany Jaya, Papua. Senin (6/12)

Dansatgas Kodim Lanny Jaya mengatakan bahwa, konsep yang kami usung dalam program unggulan belajar seni bela diri pencak silat ini sangatlah efektif diterapkan di daerah penugasan pegunungan tengah Kab. Lanny Jaya Papua. Selain menumbuhkan rasa kecintaan terhadap warisan budaya asli Indonesia, belajar pencak silat juga sebagai media kemanunggalaan TNI-rakyat dan merupakan perwujudan pembinaan ketahanan wilayah.

Sementara itu, Danpos Ramil Malagayneri sekaligus koordinator latihan Lettu Inf Satria Buana Yudha Sakti, S.Tr.(Han) mengatakan bahwa warga sekitar pos sangat antusias dan semangat dalam mengikuti latihan pencak silat.

“Dalam menjalankan program latihan seni bela diri pencak silat ini kami siapkan pakaian seragam dan pelatih profesional PSHT serta disela-sela latihan kami berikan pengetahuan wawasan kebangsaan dan budi pekerti, kegiatan yang sangat positif dan gratis ini membuat warga disekitar Pos Ramil semangat dan antusias dalam mengikuti latihan seni bela diri pencak silat,” ungkap Danpos Satgas Ramil Malagayneri.

Kepala Kampung Lowanom, Distrik Malagayneri Bapak Gudi Kogoya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan latihan pencak silat PSHT yang diselenggarakan oleh TNI di wilayahnya.

“Para pemuda dan anak-anak di desa ini sangat antusias dan tertarik sekali dengan kegiatan ini, selain untuk mengisi waktu kosong setelah pulang sekolah mereka juga menjadi percaya diri setelah berlatih pencak silat dan mempunyai rasa ingin tahu yang lebih karena kegiatan pencak silat baru kali ini mereka lihat dan mereka laksanakan.” Pungkasnya.

Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.