Tingkatkan Kegiatan Usaha Perikanan, KKP RI Berikan Bantuan 1 Unit Sentra Kuliner Ikan Senilai Rp.1,7 Miliar Kepada Pemkab Lampung Selatan

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung selatan,– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) memberikan bantuan 1 unit Sentra Kuliner Ikan senilai Rp.1.716.023.801 kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Bantuan itu diserahkan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI Artati Widiarti kepada Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di Sentra Kuliner Ikan, Kelurahan Way Lubuk, Kecamatan Kalianda, Kamis (30/12/2021).

Hadir juga dalam acara itu, Ketua Komis IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sudin, anggota Forkopimda Lampung Selatan, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Sekretaris Daerah Kabupaten dan pejabat utama Pemkab Lampung Selatan.

Hadir juga tokoh adat Saibatin Way Handak, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lampung Selatan H. Winarni Nanang Ermanto dan Wakil Ketua TP PKK Nuri Maulida Pandu.

Selain penyerahan bantuan sekaligus peresmian Sentra Kuliner Ikan Kalianda yang berada di Agrowisata Kalianda itu, KKP RI juga memberikan bantuan peralatan pemasaran ikan kepada para pelaku usaha ikan guna meningkatkan kualitas dari ikan yang dipasarkan.

Dirjen PDSPKP KKP RI Artati Widiarti mengatakan, kulitas ikan yang tetap terjaga akan memberikan banyak manfaat yang baik kepada para konsumen, yang tentunya akan membantu dalam mendorong perkembangan gizi masyarakat Lampung Selatan.

“Harapannya, dengan bantuan ini bisa menjadikan ikan termasuk udang terjaga kulitas mutunya. Karena untuk ikan itu harus selalu dijaga suhu dinginnya, ikan itu kaya manfaat tapi dengan catatan harus dijaga suhu dinginnya,” kata Artati Widiarti.

Artati Widiarti merinci, bantuan yang diberikan kepada para pelaku usaha ikan di Lampung Selatan yaitu, 4 unit chest freezer yang diberikan kepada kelompok pengolah/pemasar ikan, dan mobil berpendingin kepada Pokdakan Anugerah Tani Tambak.

“Khusus untuk mobil ini bukan mobil baru, tetapi pengalihan dari kelompok sebelumnya. Jadi kami berharap dengan pengalihan pengelolaan ini, dapat lebih optimal pemanfaatannya,” ujarnya.

Artati Widiarti Berharap, bantuan yang telah diberikan tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik mungkin oleh para pelaku usaha ikan dalam meningkatkan kegiatan usaha perikanan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Dengan catatan, barang-barang tersebut nanti dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kemudian dirawat sehingga manfaatnya itu selama mungkin. Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat meningkatkan kegiatan usaha perikanan,” harapnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, yang telah turut serta dalam membantu pengembangan usaha kuliner melalui para pelaku usaha di Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut Nanang, wilayah Kabupaten Lampung Selatan memilki banyak potensi wisata kuliner yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu, pihaknya bersama dengan jajaran pemerintahan terkait lainnya akan terus berupaya mengemas potensi tersebut menjadi lebih baik lagi.

“Kami ini tidak kalah dengan Pulau Jawa sebenarnya, kami tinggal pengemasan, marketingnya, manajemennya. Saat ini kami sedang menata dengan Dinas Pariwisata dan seluruh camat dan kepala desa,” kata Nanang Ermanto.

Penulis : Edi
Editor : Ndre
Sumber : Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE