Asah Kemampuan Bawah Air, Prajurit Denpandutaikam Brigif Para Raider 3 Kostrad Latihan Selam Militer

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka memelihara serta meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit, Detasemen Pandu Udara dan Pengintai Keamanan (Denpandutaikam) Brigif Para Raider 3 Kostrad melaksanakan latihan selam militer di Kolam Tirta Yudha, Kariango, Maros, Sulawesi Selatan. Selasa (25/01/22).

Latihan ini diikuti sebanyak 25 personel menggunakan perlengkapan selam yang dimiliki oleh Denpandutaikam Brigif Para Raider 3 Kostrad. Puluhan prajurit selam tersebut berlatih di bawah pimpinan Kapten Inf M. Ali Kusumah Danki Pandu Udara.

Tujuan dari pada latihan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Denpandutaikam, hal itu guna melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai pasukan yang siap sedia di medan apapun yang berada di bawah komando langsung Danbrigif Para Raider 3 Kostrad.

Selam militer ini merupakan salah satu sarana infiltrasi untuk mendekat ke daerah musuh melalui media air atau laut yang harus dikuasai oleh prajurit Pandu Udara dan Taikam. Dengan kemampuan selam militer prajurit diharapkan mampu melaksanakan tugas-tugas khusus dengan infiltrasi melalui media air.

Adapun materi latihan mengacu pada materi selam militer secara bertahap bertingkat dan berlanjut, diharapkan dapat mencapai hasil latihan yang maksimal guna mendukung tugas pokok TNI AD.

Pada kegiatan latihan selam tersebut dilaksanakan pula sertifikasi dan penyerahan sertifikat di dalam air kepada dua prajurit Denpandutaikam yang lulus sertifikasi oleh instruktur Bapak Moch. Ali yang disaksikan oleh Danbrigif PR 3 Kostrad Kolonel Inf Fadli Mulyono.

Danbrigif Para Raider 3 Kolonel Inf Fadli Mulyono yang ikut dalam latihan tersebut mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agara terus mengasah dan memelihara kemampuan selam ini dengan maksimal untuk menunjang tugas pokok TNI AD.

“Selalu mengutamakan faktor keamanan agar dapat zero accident dalam setiap latihan,” tutup beliau.

Alex
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.