Brigif Para Raider 3 Kostrad Gelar Pelatihan Menulis Karlister

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Perkembangan jaman menuntut Perwira muda TNI AD untuk mengembangkan sebuah ide-ide dalam bentuk karya tulis. Sebuah karya tulis sangat berkaitan erat dengan dunia pendidikan dan juga dunia penelitian. Kebanyakan karya tulis yang diterbitkan merupakan hasil dari berbagai macam riset yang dilakukan oleh lembaga penelitian ataupun lembaga pendidikan tak terkecuali dalam lingkup militer yaitu salah satunya adalah Karya Tulis Teritorial (Karlister).

Dalam kesempatan tersebut, Brigif Para Raider 3 Kostrad menyelenggarakan pelatihan menulis karya tulis teritorial dengan membawa tema “Mari Belajar Menulis” yang diselenggarakan di Ruang Briefing Brigif PR 3 Kostrad dengan diikuti oleh 20 orang perwakilan Perwira Satjar BPR 3 Kostrad. Jumat (21/01/22).

Pelatihan menulis karya tulis teritorial tersebut membahas mengenai urgensi menulis, sistematika pembuatan sebuah karya tulis dan sistematika pembuatan paparan pada sebuah karya tulis teritorial.

Materi disampaikan oleh Kapten Inf Dr. Dian Nur Huda, S.S.T.Han., S.I.P., S.Sos., M.A.P. Beliau merupakan Doktor Ilmu Sosial (S3) Alumni Universitas Merdeka Malang lulusan tahun 2021 dan layak menjadi pemateri terkait dengan tajuk pelatihan menulis karena prestasi beliau di bidang karya tulis teritorial yang mumpuni. Di tahun 2019, 2020 dan 2021 beliau pernah meraih hattrick penghargaan Karya Tulis Teritorial tingkat TNI AD yang diselenggarakan oleh Staf Teritorial Angkatan Darat.

Pelatihan diadakan dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu pemaparan materi dan sesi kedua ialah latihan menulis Karya Tulis Teritorial oleh peserta. Pada sesi pertama, pemateri menyampaikan kiat-kiat menulis sebuah Karlister dan pada sesi kedua, peserta pelatihan diberikan penugasan untuk secara langsung menulis karya tulis teritorial dalam bentuk rancangan proposal penelitian.

Danbrigif Para Raider 3 Kostrad Kolonel Inf Fadli Mulyono dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para Perwira untuk mengembangkan ide-ide positif dan kreativitas yang dapat dituangkan dalam satu karya tulis teritorial.

“Saya berharap kegiatan ini dapat belanjut lebih lama, sehingga karya tulis menulis menjadi kebutuhan yang berkelanjutan,” ungkap Danbrigif.

Kapten Inf Dr. Dian Nur Huda, S.S.T.Han., S.I.P., S.Sos., M.A.P. sebagai Pemateri mengatakan, dengan diadakannya pelatihan karya tulis teritorial tersebut diharapkan Perwira Satjar Brigif PR 3 Kostrad dapat lebih mengenal mengenai karya tulis teritorial dan diharapkan Perwira dapat lebih termotivasi dan semangat lagi untuk menulis karya tulis ilmiah. Karena, karya tulis sangat bermanfaat dan erat kaitannya baik untuk kegiatan akademik maupun non-akademik di bidang militer.

Alex
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.