Invitasi Olah Raga Polo Air Bangun Karakter Maritim dan Cinta Tanah Air

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta – Karakter maritim dan cinta tanah air dapat dibangun melalui invitasi olahraga Polo Air. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Julius Widjojono yang merupakan Dewan Penasehat PRSI DKI Jakarta saat menghadiri Final Invitasi Polo Air di Stadium Aquatik Seruni Puncak Bogor. Jumat (21/1).

Sebanyak delapan klub dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti Training Camp dan Invitasi Polo Air yang diselenggarakan oleh Klub Kusuma Harapan DKI Jakarta dan PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) DKI yang berlangsung mulai tanggal 17-21 Januari 2022.

Setelah melalui babak penyisihan dan semifinal, hari ini Jumat (21/1) pada babak final bertemu antara Klub Kusuma Harapan (KH) melawan Klub TSAC Palembang yang merupakan Tim PON Papua 2020 dengan hasil pertandingan dimenangkan oleh Klub Kusuma Harapan.

Kejuaraan semacam ini rutin per-tiga bulan diselenggarakan oleh Klub Kusuma Harapan dengan tujuan membina atlet sejak usia dini dan membentuk tim polo air yang kuat untuk event nasional maupun membawa nama bangsa pada event internasional.

Acara final ini disaksikan oleh Ketua Umum PRSI DKI Calvin Legawa, Wakil Ketum Monique Rosaline Wowiling, Ketua Harian Edy Siswanto dan Pengurus Harian PRSI DKI Jakarta, Ketua Dewan Penasehat PRSI DKI Wibisono, Pemilik klub Kusuma Harapan Tito Taufik Iqbal, legenda polo air Indonesia Andreas Legawa, serta Ketum Pemuda Panca Marga Syamsuddin Siregar.

Menurut Laksma Julius, kegiatan ini merupakan ide kreatif di tengah pandemi, hal tersebut tampak dari bagaimana kemampuan individu dan team diuji, juga adanya integrasi banyak kalangan dari berbagai kelompok, memacu para generasi muda untuk cinta olah raga perairan. “Dan yang lebih penting lagi dengan adanya integrasi ini makin memupuk semangat nasionalisme sebagia bangsa Maritim, sebuah bangsa yang sangat kental dengan nuansa air,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat Wibisono sangat apresiasi dan mendorong agar kegiatan invitasi seperti ini rutin diadakan dan PRSI DKI siap mendukung diantaranya dengan mendatangkan wasit dari luar negeri. “Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas kegiatan invitasi ini, dan harus terus diselenggarakan rutin untuk mengukur prestasi mereka, apalagi dari usia dini. Kejuaraan ini juga untuk training camp pemain, pelatih dan wasit, wasitpun kita datangkan dari USA,” pungkas Wibisono.

Dukungan TNI AL pada olahraga Polo Air dan PRSI sejalan dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar menjalin sinergitas dan soliditas dengan segenap komponen masyarakat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE