Bersosialisasi Meningkatkan Kosa Kata Pada Anak Dalam Permainan Tebak Kata

Spread the love

Jurnalline.com, Melaksanakan Pengabdian Masyarakat (PKM). PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiwa sebagai bekal hidup di masyarakat setelah lulus studi. Dengan kata lain, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai ajang mahasiswa dalam membantu proses membangun rasa percaya diri, lebih berani untuk memajukan diri dan juga serta membantu kinerja yang sedang berlangsung.

Dalam tujuan program PKM ini dibuat dapat disimpulkan, antara lain yaitu:

1) Untuk mengetahui tingkat keefektifan bermain sambil belajar dalam meningkatkan kosa kata pada anak.

2) Untuk menegetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan bermain tebak kata dalam meningkatkan kosakata pada anak-anak kelas.

3). Menciptakan energi positif untuk membangun imajinasi anak-anak.

Mahasiswa Universitas Pamulang semester 5 prodi Sastra Indonesia, telah melakukan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan tema yang disajikan “Meningkatkan Kosa Kata Pada Anak Dalam Permainan Tebak Kata”. Materi yang disajikan pun begitu meriah dan senang dengan bermain tebak kata yang benar. Tujuan dari permainan ini untuk memberikan pemahamaan tentang kosa kata baku pada kata umum yang sering sekali terjadi kesalahan dalam penulisan maupun pengucapannya.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SDN Pondok Ranji 01, yang berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 12, 13 & 15 November 2021. Kegiatan PKM ini berjalan dengan lancar, yang juga dibantu oleh dosen pembimbing kami serta guru-guru SDN Pondok Ranji 01.

Sosialisasi penerapan kegiatan dalam permainan kosa kata pada anak-anak untuk meningkatkan keaktifan, gagasan pemikiran dan lisan dalam mengucapkan kosa kata. Ada beberapa manfaat dari kegiatan permainan kosa kata pada anak-anak yaitu:

1. Menolong anak berkonsentrasi
2. Melatih ingatan waktu panjang
3. Melati ingatan visual
4. Tingkatkan keahlian mendengar
5. Menolong anak berasumsi kritis

kegiatan PKM ini sangat berjalan dengan baik dan juga dengan menerapkan protokol kesehatan mengunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dengan berakhirnya kegiatan PKM ini, kami semua berharap agar siwa-siswi SDN Pondok Ranji 01 dapat membentuk karakter dan paham kosa kata dan tebak kata. Karena, tiada hal tanpa keahlian utama dalam belajar serta meningkatkan kecekatan terhadap diri sendiri.

 

Editor : Ganta
Sumber : Alda Prakasih
(Mahasiswa Universitas Pamulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.