Ketua Dharma Pertiwi Daerah M Hadiri Opening Ceremony W20

Spread the love

Jurnalline.com, Manado — Ketua Dharma Pertiwi Daerah M, Dr. Cicilia Evie Denny Tuejeh, SH, MBA, menghadiri kegiatan Opening Ceremony Women of Twenty (W20) di Provinsi Sulawesi Utara yang diselenggarakan di Casabaio Paradise Water Sport, Hotel & Resort Likupang, Minahasa Utara, Senin (15/2/2022).

W20 atau Women of Twenty merupakan event dari Group of Twenty G20 yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Adapun G20 adalah forum utama kerja sama ekonomi internasional beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa yang memiliki konteks diskusi yaitu tentang pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Kapendam XIII/Merdeka Letkol Inf Jhonson M. Sitorus menjelaskan bahwa pemilihan wilayah Likupang sebagai lokasi side event W20 di Indonesia karena Likupang menawarkan wisata bahari yang indah berkat panorama bawah laut dan pantainya.

Serta Tempat ini menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang mampu mendongkrak perekonomian Provinsi Sulut di masa Pandemi.

“Likupang dipilih karena merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang juga telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai destinasi wisata super prioritas baik di Sulawesi Utara maupun di Indonesia.” Ucap Kapendam

Kegiatan ini diikuti secara Vicon oleh Menteri P3A RI Bintang Puspayoga, DutaBesar Australia untuk Indonesia Mrs. Penny Williams, Ketua Dewan W20 Hadriani Uli Silalahi, Perwakilan PBB Urusan Wanita Mr. Jamshed Kazi dan diikuti secara langsung oleh seluruh delegasi dan wanita hebat perwakilan dari berbagai negara yang tergabung dalam G20.

Turut hadir dalam opening ceremony tersebut diantaranya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh dan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E serta Unsur Forkopimda Sulawesi Utara dan para Kepala Daerah di Sulawesi Utara.

(IskandarEffendy)
[16/2 05:39] Effendy Iskandar JCM SUL- UT: Pangdam XIII/Merdeka MOU Penggunaan Rumah Isolasi Bersama Gubernur Olly

Jurnalline.com, Manado – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh bersama Gubernur Prov. Sulut Olly Dondokambey menandatangani MOU penggunaan rusun (rumah susun) A1 Yonzipur 19/YKN menjadi rumah isolasi Covid-19 di wilayah Sulawesi Utara.

Penandatanganan MOU tersebut diselenggarakan di rusun A1 Yonzipur 19/YKN, Watutumou, Kec. Airmadidi, Kab. Minahasa Utara, Senin (15/2/2022).

Dalam wawancaranya Gubernur Prov. Sulut mengatakan bahwa sehubungan dengan melonjaknya kasus varian terbaru Covid-19 yakni varian Ommicron, Pemprov Sulut melakukan kerja sama dengan Kodam XIII/Merdeka dalam rangka penggunaan rumah susun sebagai rumah singgah bagi para pelaku perjalanan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara yang terindikasi terpapar Covid-19 pada saat pemeriksaan (screening).

“Dengan bertambahnya kasus Covid-19 kami bekerja sama untuk pemanfaatan rusun ini sebagai sarana & prasarana isolasi terpadu bagi pengidap Covid-19 di Sulawesi Utara.” Ucap Gubernur

Sedangkan menurut Pangdam XIII/Merdeka pihaknya menyediakan 2 unit tower rusun dengan kapasitas masing-masing tower dapat menampung sebanyak 144 pasien yang jika dijumlahkan sebanyak 288 pasien yang dapat dirawat di fasilitas ini, namum apabila yang disediakan masih kurang, Pangdam XIII/Merdeka menyampaikan bahwa Kodam XIII/Merdeka masih memiliki sejumlah bangunan yang dapat dialihfungsikan sebagai rumah singgah bagi pasien Covid-19.

“Untuk penanganan Covid-19 di wilayah Kodam XIII/Merdeka, kita menyiapkan 2 tower rusun yang siap beroperasi baik kamar dan perlengkapan serta fasilitas penunjang demi kenyamanan pasien.” Tutur Pangdam

“Tentunya” Lanjut Pangdam “kita berharap agar jumlah pasien tidak banyak dan apabila masih kekurangan, kita masih punya 2 lagi tower rusun yang berada di markas Yonif Raider 712/WT.”

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, Danlantamal VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ari Wijaya, Danlanudsri Manado Marsma TNI M.Satriyo Utomo,S.H., Danrem 131/STG Brigjen TNI Prince M. Putong, Asops Kasdam XIII/Merdeka Kol Inf Sutrisno, Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr. Ponco Sudarmono Sp.B., serta Kapendam XIII/Merdeka Letkol Inf Jhonson M. Sitorus

Penulis : IskandarEffendy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.