Meningkatkan Kosakata Pada Anak Dalam Permainan Tebak Kata

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang – Bahasa dijadikan sebagai sarana yang penting dalam kehidupan anak. Karena dalam berbahasa membuka jalan bagi anak untuk berkomunikasi dengan orang lain. Melalui bahasa, anak belajar meningkatkan kosakata, dimana penguasaan ksoakata sangat penting dalam keterampilan berbahasa. Semakin anak menguasai banyak kosakata maka akan semakin terampil pula ia dalam berbahasa.

Tangerang-Mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) Program Studi Sastra Indonesia melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Meningkatkan Kosakata Pada Anak Dalam permainan Tebak Kata” yang kami laksanakan Pada Tanggal 15 November 2021 di SDN 01 Pondok Ranji, tepatnya dijalan Jl. WR.Supratman No.66 Kecamatan Ciputat Timur Pondok Ranji, Bintaro, Kota Tangerang Selatan.
Mahasiswa yang terdiri dari 5 orang, Faruq Abdullah sebagai ketua beserta Ahmad Muzaki, Alda Prakasih Sanusi, Ana Maria Atari Angelin, dan Zahwa Nidyya Luthfiyyah. Mereka semua dibimbing oleh Ibu Dosen Aryani S.Pd., M.Pd
Foto:

Melalui kegiatan ini, mahasiswa mengajak anak untuk meningkatkan kosakata dengan menyiapkan permainan tebak kata. Penguasaan kosakata sangat penting dalam keterampilan berbahasa. Semakin anak menguasai banyak kosakata, maka akan semakin terampil pula ia dalam berbahasa.

Pada kegiatan permainan Kosakata ini, anak-anak terlihat sangat senang dalam menikmati jalannya permainan dan anak-anak juga memberikan respon yang sangat baik bahkan cepat mengerti saat sekali dijelaskan untuk bagaimana cara bermain tebak kata tersebut. Setelah selesai bermain tebak kata, anak-anak diberikan hadiah, snack dan foto bersama karena mereka telah berpartisipasi mengikuti permainan. Kami para Mahasiswa juga dapat belajar bahwa kita bisa menyesuaikan kepada anak-anak agar merasa lebih nyaman dan dekat dengan kami.
Sebelum bermain kita melakukan pemanasan seperti Ice Breaking dan sesi quiz agar tidak terlalu bosan. Dari Cara bermain sendiri adalah setelah para anggota Mahasiswa memberikan penjelasan untuk cara bermain. Lalu kemudian para siswa/siswi langsung antusias untuk mencoba permain tebak kata tersebut. Walaupun ada yang gagal dan berhasil menebak kata tersebut, siswa/siswi yang berhasil bisa menjawab quis tersebut langsung diberikan hadiah karena sudah bisa menjawab dengan baik dan benar.
Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasisiwa dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anak-anak melalui permainan agar pola pikir mereka terus berkembang. karena dengan adanya Covid 19 ini seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (Online) yang bisa berakibat kehilangan rasa semangat untuk belajar. harapan kami dari kegiatan PKM ini dapat bermanfaat bagi anak-anak dan bisa lebih semangat untuk belajar.
Faruq Abdullah, Sebagai Ketua Anggota PKM memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada pihak SDN 01 Pondok Ranji, yang sudah mengizinkan dan memberikan waktu untuk diadakan adanya tempat pelaksanaan PKM. Maka dari itu Seluruh Anggota para Mahasiwa Universitas Pamulang berterima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu kepada Siswa/siswi SDN 01 Pondok Ranji.

Editor : Ars
Rilis : Faruq Abdullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.