Padis Jaga Kolinlamil Pastikan Divisi Jaga Lengkap Dan Tetap Siap Siaga

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Libur panjang di akhir bulan Februari 2022 tidak menyurutkan prajurit Kolinlamil untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menjaga dan mengamankan Kesatrian Kolinlamil dari segala bentuk ancaman dan hal-hal yang tidak diharapkan. Perwira Dinas Jaga, Mayor Laut (P) Darsono yang saat itu mendapat kehormatan ‘menggantikan’ Panglima Kolinlamil selama tidak berada di Kesatrian Kolinlamil mengambil inisiatif untuk mengecek langsung kelengkapan personel jaga dan kesiapsiagaannya, Senin (28/2).

Peluit tanda selesai waktu istirahat siang dibunyikan, terdengar di seluruh ruangan-ruangan pengumunan dilanjutkan dengan apel kelengkapan Divisi Jaga. Prajurit yang masuk dalam Divisi Jaga dan tidak aktif jaga segera berkumpul di penjagaan. Kurang dari 15 menit, berjajar rapi Divisi Jaga dengan pakaian dinas lengkap dan menggunakan masker sesuai protokol kesehatan di depan penjagaan Mako Kolinlamil.

“Sengaja saya laksanakan apel kelengkapan Divisi Jaga hari ini di jam yang pada umumnya orang-orang sedang santai dan lengah. Saya mencoba memastikan semua personel jaga berada di dalam Kesatrian dan berada dalam posisi siap siaga untuk melaksanakan perintah setiap saat.” ungkap Padis Jaga.

Lebih lanjut, Mayor Laut (P) Darsono menyampaikan kepada seluruh prajurit yang saat itu berdinas jaga untuk selalu mewaspadai situasi di sekitarnya. Khusus prajurit yang jaga di penjagaan harus mengontrol dan mengecek orang-orang yang keluar masuk penjagaan untuk mengantisipasi dari adanya sabotase atau hal-hal yang tidak diharapkan lainnya, salah satunya adalah bahaya kebakaran.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S Aldedharma dalam perintahnya yang tercantum Perintah Malam Pangkolinlamil kepada Padis Jaga diantaranya menekankan pentingnya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran dan kebocoran sebagai tindakan preventif selama tugas jaga dan memperketat pos penjagaan di lingkungan Kolinlamil serta melaksanakan pemeriksaan secara fisik terhadap barang, tamu dan kendaraan yang keluar masuk Kesatrian.

“Kesatrian Kolinlamil sebagai pangkalan KRI adalah obyek vital dan komponen dari Sistem Senjata Armada Terpadu, oleh karena itu kita harus memiliki kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi.” tegas Panglima Kolinlamil.

Sesuai perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL untuk selalu meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.