Taruna AAL Korps Elektronika, Asah Ilmu Sistem Kontrol dan Integrasi di VEDC Malang

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya –
Sejumlah 14 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-67 Korps Elektronika, selama sebulan mengasah ilmu pengetahuan tentang Sistem Kontrol dan Integrasi di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika/Vocational Education and Development Center (BBPPMPV BOE/VEDC) yang berlokasi di Jl. Teluk Mandar Arjosari Malang, Jawa Timur.

Para Taruna AAL Korps Elektronika ini telah berlatih dan praktek di BBPPMPV BOE/VEDC sejak tanggal 1 Februari 2022 dan sesuai jadwal berakhir pada tanggal 28 Februari 2022 mendatang, terang Kepala Departemen Elektronika (Kadeplek) AAL Kolonel Laut (E) Abdul Aziz, S.T. saat meninjau latihan, Selasa (22/2).

Ia mengatakan kegiatan latihan dan praktek (Lattek) Sistem Kontrol dan Integrasi ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para Taruna AAL Tingkat IV Korps Elektronika, tentang materi pokok Korps, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya dalam melaksanakan penugasan yang sesungguhnya di masa mendatang, khususnya dalam aspek sistem kontrol, Mikrokontroler, Mikroprosesor, Program Bahasa Komputer dan Interfacing.

Kegiatan latihan dan praktek (Lattek) Sistem Kontrol dan Integrasi Taruna AAL dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat BBPPMPV BOE Malang Dr. Anwar Sidarta, M.Si yang di wakili Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMPV BOE Malang Dr. Ir. Abdul Rochim M.M. pada tanggal 1 Februari 2022 lalu, dihadiri pejabat AAL, pelatih dan pengasuh Taruna serta segenap dosen dan instruktur BBPPMPV BOE Malang.

Pada acara pembukaan Lattek tersebut, Kadeplek AAL membacakan sambutan Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Denih Hendrata yang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Pusat BBPPMPV BOE Malang beserta staf atas kesempatan yang diberikan kepada para Taruna AAL, untuk dapat melaksanakan latihan praktek dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di BBPPMPV BOE Malang, sehingga dapat menambah kemampuan profesi Taruna AAL Tingkat IV Korps Elektronika.

Gubernur AAL juga mengatakan BBPPMPV BOE Malang merupakan salah satu mitra tugas Akademi Angkatan Laut yang berperan sebagai lembaga yang mengakselerasikan inovasi dan kreatifitas Taruna AAL Korps Elektronika dalam melaksanakan latihan praktek profesi secara terprogram dan terukur perkembangannya berdasarkan pada kemajuan teknologi sains terapan.

Gubernur AAL menginstruksikan kepada para Taruna AAL untuk melaksanakan Lattek ini dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, mematuhi semua petunjuk dan perintah dari instruktur dan pembina agar para Taruna AAL mampu mengaplikasikan pelajaran teori yang telah didapatkan selama di kampus AAL Bumimoro Surabaya pada tempat Lattek ini sehingga bisa dijadikan bekal saat di kedinasan sebagai pengawak Kapal Perang RI (KRI).

Disisi lain karena kondisi saat ini masih dalam keadaan Pandemi Covid-19 perlu adanya kepedulian yang tinggi bagi peserta latihan, baik Anggota tetap (Antap) maupun para Taruna AAL agar selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar serta waspadai pula munculnya Varian Omicron terhadap perkembangan dan penyebarannya, pesan Gubernur AAL kepada seluruh peserta dan staf latihan.

Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.