TNI AL. Gencarkan Serbuan Vaksinasi, Nakes Lantamal XI “Jemput Bola” Datangi Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, Merauke – TNI AL. Guna memutus rantai penyebaran Covid-19, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke semakin gencar melaksanakan serbuan vaksinasi untuk masyarakat diberbagi lini melalui strategi “jemput bola” dalam kegiatan serbuan vaksinasi dengan mendatangi langsung tempat-tempat keramaian yang ada di Kota Merauke, pada hari Jumat (25/02/2022).

Serbuan vaksinasi Lantamal XI telah digelar secara rutin di Balai Pengobatan Diskes Lantamal XI dan Rumkital Lantamal XI. Selain itu terhitung mulai tanggal 24 s.d. 28 Februari 2022 Lantamal XI secara berturut-turut akan melaksanakan serbuan vaksin kepada masyarakat Merauke seperti pada serbuan vaksinasi kali ini Lantamal XI melaksanakan metode jemput bola, yakni mendatangi tempat – tempat yang sekiranya masyarakat didaerah tersebut belum tersentuh atau terjamah akan pemerataan vaksinasi.

Setidaknya dalam kegiatan serbuan vaksinasi pagi hingga sore hari ini Tim Vaksinator dari Lantamal XI menyasar dua lokasi berbeda yaitu Pasar Wamanggu dan kampung nelayan Pantai Lampu Satu Merauke yang dipimpin langsung oleh Kadiskes Lantamal XI Merauke Mayor Laut (K) Unsyura D. Budaya, S.Si., Apt., M. Farm yang melibatkan Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Diskes Lantamal XI Merauke.

Dalam Kegiatan vaksinasi ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. Hasilnya, sebanyak 102 peserta dapat divaksin dengan rincian 92 orang mendapatkan vaksin jenis Astra Zeneca untuk dosis satu dan kedua serta dosis ketiga (vaksin booster) dan sebanyak 10 orang menerima vaksin dosis pertama dan dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac. Sementara itu serbuan vaksinasi juga dilaksanakan di Rumkital Lantamal XI dengan jumlah peserta sebanyak 17 orang, 6 orang divaksin dosis satu dan kedua dengan vaksin jenis sinovac dan dan 11 orang divaksin dosis kesatu, dosis kedua dan dosis ketiga (vaksin booster) dengan vaksin jenis Astra Zeneca dan dalam pelaksanaan tidak ditemukan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Komandan Lantamal (Danlantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H, di lain kesempatan menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi ini akan terus digelar di Indonesia khususnya Kabupaten Merauke yang merupakan wilayah kerja Lantamal XI dan merupakan program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, ungkapnya.

Lebih lanjut Komandan Lantamal XI menyampaikan bahwa “Pihaknya melaksanakan terobosan untuk meningkatkan Angka vaksinasi Covid-19 di daerah dengan cara “jemput bola”, alias vaksinator kita langsung mendatangi masyarakat yang belum mendapat vaksin Covid-19”, terangnya.

Kegiatan serbuan vaksinasi ini didasarkan pada perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., MM, kepada seluruh jajaran TNI AL untuk terus berperan aktif melaksanakan tugas serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing, menuju Indonesia sehat bebas Covid-19.

Mari kita dukung terus Vaksinasi Covid-19, agar masyarakat sehat, karena melalui pemberian vaksin, daya tahan tubuh masyarakat akan lebih kuat dalam menangkal virus Covid-19″. Tetap mendisiplinkan diri dengan mematuhi Gerakan 5 M, mengakselerasikan testing dan tracing, mengintensifkan screening peduli lindungi, agar Indonesia segera pulih dan bangkit bebas dari pandemi, pungkasnya.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dispen Lantamal XI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.