Komisi X DPR RI Bersama Deputy Parekraf Buka Bisa Fest Pesona Budaya Minahasa

Spread the love

Jurnalline.com, Tompaso – Dihadiri langsung Deputy Bidang Produk Wisata Parekraf Ibu. Risky Handayani, didampingi Vanda Sarundajang, (Anggota Komisi X DPR – RI Dapil Sulut) yang juga Putri Alm.DR.SH. Sarundajang, Prof. Linda Mercedes Mingkit, yang juga Dosen Unsrat), Narasumber Dr. Arthur Yoseph Merung, yang juga Wakil Dosen Universitas Delasalle, membuka kegiatan BISA FEST (Bersih, Indah, Sehat, Aman) Pesona Budaya Minahasa prov. Sulut , Senin (7/3/2022) bertempat di Kompleks Halaman Taman Pustaka SHS perlimaan Kawangkoan Tompaso.

Kegiatan turut dihadiri Asisten Perekonomian pembangunan kab.Minahasa Ir.Wenny Talumewo , Kadisbudpar Steady Tumbelaka, Camat Tompaso Barat Stevry Pandey, Camat Kawangkoan Egtmi Moniung bersama jajaran.

Directorat Event Daerah Deputi 6 Bidang Produk Wisata Kemenparekraf RI Risky Handayani menyampaikan dilaksanakannya BISA Fest Pesona Budaya Minahasa ini nantinya dapat merubah cara bekerja, berkreasi, bergerak penuh Inovasi melibatkan semua pihak dalam meningkatkan Cultur Budaya Wisata di prov. Sulawesi utara.

“Pada dasarnya konsep Bisa Fest ini sebagai upaya mendukung perkembangan budaya yang ada, potensi seni pertunjukan perlu ada kolaborasi dalam meningkatkan kualitas budaya meski ditengah pandemi saat ini karennya
Diperlukan inspirasi dalam memberdayakan pelaku I Fest tersebut.” Ujar Deputy 6 bidang Budaya Parekraf Risky Handayani

Kami dari Parekraf sendiri mengharapkan Komitmen Pemda dalam hal ini Dinas Terkait untuk lebih memaksimalkan sekaligus memperkenalkan Budaya Asli Minahasa dengan ceritera sebagai media tersebut.

“Dimana Management strategi dan promosi menjadi bagian pendidikan seni budaya dan pertunjukan dalam rangka pelestarian agar tetap menjadi tontonan menarik untuk pemberdayaan kedepanya harus lebih kreatif.” Tukasnya

Senada Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang (VaSung) memberi apresiasi kepada Deputy 6 Parekraf RI bidang Budaya boleh hadir melalui kegiatan Bisa Fest tahun 2022 ini, dirinya berharap kedepannya Festival Ivent sanggar budaya kembali bangkit menjadi bagian kearifan lokal masyarakat.
“The Land Of Smiling People.” Ungkap VaSung.

Terpisah Arthur Yoseph Merung, Narasumber pada kegiatan yang juga Wakil Dosen Universitas Delasalle Manado kepada awak media mengatakan budaya lokal minahasa boleh menjadi lifestyle kedepan. “Jadi diperlukan suport dan kerjasama dalam mengembangkan kegiatan ini menjadi lebih inovatif dan intertaiment.” Tambah Dr.Merung

Penulis : IskandarEffendy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.