R3D Minahasa Launching Tahapan Pilhut Minahasa dan BLT Desa 2022

Spread the love

Jurnalline.com. Minahasa – Pemerintah Kabupaten Minahasa (Pemkab) lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jumat (04/03) melaunching Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) untuk 98 desa di 25 Kecamatan yang ada.

Launching Pilhut tahun 2022 ini dihadiri Bupati Minahasa Dr.Royke Octavian Roring, serta Wakil Bupati Dr. Robby Dondokambey dan jajaran bertempat di Makatete Hills Desa Warembungan Kecamatan Pineleng.

Jeffry Tangkung SH, MAP, dalam laporannya sesuai dengan keputusan Bupati nomor 144 tahun 2022 tentang desa-desa yang akan menggelar pemilihan hukum tua di Kabupaten Minahasa.

“Menggunakan Dana APBD untuk pelaksanaan Pilhut sebesar 2.380.932.038,M.” Imbuh Kadis Tangkulung

Dijelaskannya pula dalam Launching tersebut diserahkan secara simbolis surat keputusan Bupati (Perbup) Minahasa tentang Pilhut itu sendiri.

” Secara Simbolis Surat Keputusan ini diserahkan untuk Kecatamatan Pineleng, yaitu desa pineleng satu dan winangun atas, dan desa sea satu. Untuk Kecamatan Tombulu adalah desa Rumengkor dan desa koka,” jelas Tangkulung.

Ditempat yang sama Bupati Royke Roring mengatakan Dengan dilauncingnya pilhut kab.Minahasa 98desa ini maka dengan sendirinya tahapan pemilihan tersebut mulai berjalan.

” Dilaunchingnya Pilhut di 98 desa dengan sendirinya segerah bergulir tahapan pemilihan hukum tua. Dan jangka waktu tahapan tersebut selama 115 hari,” terang Bupati sembari berharap pandemi covid-19 ini akan mengalami penurunan kasus di Minahasa.

“Kita berharap covid-19 di Minahasa menurun sehingga pilhut berlangsung dengan lancar,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Utara Dr. Jemmy Kumendong, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu. S.Sos, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Minahasa Dr. Riviva Maringka, Forkopimda Minahasa serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Agustifo Tumundo, SE, MS.i, Kepala Bagian Protokol Kabupaten Minahasa Jhonny Tendean serta sejumlah Kepala OPD Minahasa lainya juga seluruh Camat se Kabupaten Minahasa dan sejumlah Hukum tua.

Penulis : IskandarEffendy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.