Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Bangun Pasar Bharata di Pedalaman Tima Lanny Jaya Papua

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad membangun Pasar di Desa Tima yang merupakan salah satu Desa di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua yang mata pencaharian masyarakatnya mayoritas dari hasil perkebunan. Untuk memasarkan hasil kebun mereka, biasanya masyarakat memanfaatkan halaman Gereja Manggalome di Desa Tima yang terbuka dimana saat berjualan masyarakat akan langsung terpapar panas sinar matahari secara langsung dan parahnya bila hujan maka masyarakat harus segera mengamankan dagangan mereka agar tidak kehujanan.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy H, dalam rilis tertulisnya di Lanny Jaya, Papua. Minggu (20/03/2022).

Berangkat dari pengamatan personel Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad yang berada di Desa Tima. Komandan Pos (Danpos) Satgas Yonif MR 412 Kostrad Lettu Inf Tarudin, S.Sos., yang berada di Desa Tima berinisiatif mendirikan Pasar Rakyat yang diberi nama “Pasar Bharata Tima” bersama dengan para Tokoh masyarakat, Satgas Yonif MR 412 Kostrad mengajak masyarakat untuk bekerjasama mendirikan pasar yang dimaksud. Dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang tersedia di alam, personel Satgas pos Tima bersama masyarakat mendirikan pasar rakyat yang dikerjakan selama satu minggu.

“Kami mendirikan Pasar Bharata ini dengan tujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian rakyat dengan membantu memfasilitasi masyarakat menjual hasil perkebunan mereka, sehingga mereka bisa berjualan dengan nyaman tanpa harus kepanasan dan kehujanan. Selain itu dengan adanya Pasar Bharata ini masyarakat tidak perlu lagi menuju kota yang jauh dengan akses jalan yang sangat terbatas,” ungkap Danpos Satgas Yonif MR 412 Kostrad yang berada di Desa Tima.

Kini dengan berdirinya Pasar Bharata ini, masyarakat di Desa Tima bisa berjualan tanpa harus khawatir kepanasan dan kehujanan. Selain itu saat ini dengan berdirinya Pasar Bharata ini, masyarakat tidak hanya bisa berjualan hasil kebun mereka, namun mereka juga bisa menjual Sembako yang sebelumnya mereka pesan dan dikirim dari kota Tiom yang menjadi pusat perdagangan di Kabupaten Lanny Jaya, dimana sembako ini bisa mereka perjual belikan tanpa harus khawatir kualitas barang buruk akibat terpapar sinar matahari.

Sebagai ungkapan terima kasih, masyarakat Desa Tima menggelar acara syukuran dihari perdana Pasar Bharata di operasionalkan. Dalam acara tersebut masyarakat menggelar kegiatan tari-tarian adat bersama dengan Personil Pos Satgas Tima sebagai wujud syukur dan bahagia mereka serta doa agar kiranya Pasar Rakyat yang telah didirikan ini berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Desa Tima.

Dalam Wawancara Sdr. Betti Wenda yang merupakan Tokoh Masyarakat di Desa Tima menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pos Satgas Tima atas inisiatif dan usahanya mendirikan Pasar Bharata tersebut, dirinya berharap Pasar Ini akan mampu meningkatkan perekonomian rakyat seperti yang diharapkan.

Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.